Tips Perawatan dan Pemasteran Anakan Ciblek agar Nantinya Lebih Ngebren

Advertisement
Advertisement
Perawatan dan pemasteran anakan Ciblek memang harus diperhatikan dengan benar. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan dan melatih performa burung. Namun, perawatan dan pasteran sendiri tidak boleh dilakukan sembarangan. Pasalnya, hal ini akan berdampak pada penurunan kesehatan dan performa dari burung itu sendiri.

Ada banyak tips dan cara merawat anakan burung agar tampil lebih sehat dan memukau kedepannya. Tapi dari semua perawatan yang ada, hanya beberapa saja yang dinilai efektif dan ampuh untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan performa anakan burung tersebut.

anakan ciblek ngebren, anakan ciblek, ciblek ngebren

Beragam Tips Perawatan dan Pemasteran Anakan Ciblek Agar Nantinya Lebih Ngebren
Berikut adalah perawatan yang dinilai cukup efektif untuk meningkatkan performa burung agar cepat ngebren:

1. Pilih anakan yang berkualitas dan berusia ideal
Anakan burung yang ideal adalah anakan dengan rentang usia 2 – 3 minggu. Selain itu, anakan tersebut juga harus sudah disapih dari indukan. Dengan pemilihan anakan yang demikian, diharapkan proses pelatihan dan perawatan akan berjalan lancar, anakan mampu menyerap materi latihan, sehingga performa dan kualitas anakan pun akan terdongkrak.

2. Penempatan anakan
Anakan yang baruslah didapat harus ditempatkan di tempat yang hangat, persis seperti eraman indukan. Untuk menjaga kenyamanan burung, gunakan lampu pijar sebagai penghangat. Anda bisa gunakan lampu dengan daya 5 W sebagai penghangat dalam sangkar.

3. Lakukan Pelolohan sampai usia matang
Tips perawatan anakan Burung Ciblek yang satu ini baiknya dilakukan saat usia burung baru menginjak 2 minggu, atau setelah burung disapih dari indukannya. Penerapan tips ini pun cukup mudah. Anda hanya perlu melolohkan voer basah pada anakan.

Untuk melatih burung agar terbiasa dengan voer, lakukan perawatan ini hingga usia burung menginjak 1,5 bulan, atau saat burung sudah bisa makan sendiri. Dengan begitu, burung akan lebih punya banyak waktu untuk belajar makan sendiri.

4. Maksimalkan proses pamasteran
Pemasteran bisa dilakukan sejak usia dini. Usia ideal untuk penerapan pelatihan ini ialah 3 minggu. Dengan kata lain, saat usia burung sudah menginjak 3 minggu, Anda sudah bisa menerapkan tips perawatan dan pemasteran anakan burung Ciblek ini.

Tapi Anda juga harus ingat. Pemilihan masteran haruslah diperhatikan dengan seksama. Pastikan masteran yang Anda gunakan ialah masteran yang berkualitas, kalau perlu yang sudah gacor yang punya variasi suara yang banyak.

Itulah beragam tips perawatan dan pemasteran anakan Ciblek agar nantinya lebih ngebren. Untuk meningkatkan performa dan membuat karakter ngebren, Anda bisa menggunakan beragam cara yang sudah disampaikan di atas. Dengan menerapkan perawatan dan pelatihan di atas, diharapkan performa burung akan terdongkrak dan penampilan burung pun terkesan lebih ngebren.