Tips Perawatan Ciblek Tembak Mati

Advertisement
Advertisement
Tips perawatan ciblek Tembak Mati tidaklah sama dengan perawatan burung pada umumnya. Pasalnya, model perawatan burung ini memang harus dibedakan agar kualitas dan performa burung tetap terjaga dengan baik. Ya, jenis burung satu ini memang dinilai lebih jago di kontesnya. Tidak sedikit breeder yang jaya di kontes karena burung yang satu ini.

Jika ditilik dari segi kualitas, burung ini memiliki kelebihan ketimbang yang lain. Umumnya, performa, skill, kualitas, dan ketahanan tubuh burung ini jauh lebih baik daripada jenis burung yang lain. Itulah alasan kenapa burung ini harus mendapatkan perawatan yang khusus.

ciblek tembak mati

Karena jika Ia mendapatkan perawatan yang sama dengan yang lain, dikhawatirkan kualitas dan ketahanan tubuh burung ini pun akan menurun. Jika sudah begitu, maka skill, performa, dan stamina burung ini pun akan tubuh dengan sendirinya.

Tips dan Trik Perawatan Ciblek Tembak Mati
Berikut adalah aneka perawatan yang bisa Anda terapkan untuk jenis burung yang satu ini:
1. Mulailah aktivitas burung dengan melakukan pengembunan dari jam 5 sampai dengan jam 8 pagi. Pengembunan selama 3 jam ini akan membantu burung memiliki stamina dan performa yang kuat dan baik.
2. Setelah melakukan pengembunan, lanjutkan dengan sarapan pagi. Menu untuk sarapan adalah satu sendok makan kroto dan 2 ekor jangkrik tanpa kaki, sayap, dan kepala.
3. Setelah sarapan, lanjurkan dengan proses pemandian. Anda bisa menggunakan keramba ukuran sedang untuk tempat mandi burung ini. Namun jika burung Anda masih liar atau baru dibeli, lakukanlah proses pemandian dengan menggunakan sprayer.
4. Tips perawatan Burung Ciblek Tembak Mati berikutnya adalah dengan mengangin-anginkan tubuh burung. Cara ini berguna untuk mengurangi kadar air sebelum dijemur.
5. Setelah setengah kering, lanjutkan perawatan ini dengan cara menjemur burung. Jemur burung sedikitnya 2 jam per hari agar tubuh burung kering dan sehat.
6. Setelah 2 jam berlalu, lanjutkan aktivitas dengan mengangin-anginkan tubuh burung lagi selama 20 menit.
7. Setelah proses ini selesai, masukan burung ke sangkar dan berilah keredong.
8. Selama burung dikerodong, berikanlah Ia latihan pemasteran yang ideal, bisa dengan burung masteran atau audio.
9. Saat menjelang petang, burung kembali diberi pakan berupa 1 sendok makan kroto dan 2 ekor jangkrik.
10. Setelah makan, masukan lagi burung ke sangkarnya dan biarkan Ia istirahat sampai keesokan harinya.

Tips dan cara perawatan Ciblek Tembak Mati ini biasanya diterapkan setiap hari. Tujuannya, supaya burung memiliki kualitas dan kesehatan yang terjaga. Dengan begini, maka burung pun akan memiliki performa, skill, dan stamina yang prima dan bagus.