Tips Merawat Ciblek Anakan Hasil Tangkapan Hutan

Advertisement
Advertisement
Burung tangkapan biasanya lebih mudah stres dan sakit. Dengan kondisi begini, maka metode perawatannya pun harus disesuaikan. Tujuannya, agar burung tidak mengalami penyakit atau pun stres akibat proses penangkapan yang telah Ia lalui.

Tips merawat Ciblek anakan hasil tangkapan adalah salah sau tips yang bisa diterapkan dalam situasi ini. tips yang satu ini memang cocok digunakan untuk kondisi burung hasil tangkapan yang mudah stres dan sakit.   Dengan perawatan ini, diharapkan burung jadi lebih sehat dan terhindar dari yang namanya stres atau pun sakit.

ciblek bakalan

Jika dilihat dari metode yang digunakan, kumpulan tips ini sebenarnya menggunakan metode yang mudah dan gampang untuk terapkan. Disamping itu, beberapa tips ini juga terbilang aman dan tidak membahayakan kondisi kesehatan maupun psikis burung. Dengan catatan, burung haruslah mendapatkan perawatan yang rutin dan sesuai anjuran.

Tips Merawat Ciblek Anakan Hasil Tangkapan Hutan
Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk merawat burung hasil tangkapan:

1. Lakukan adaptasi sangkar
Adaptasi sendiri bertujuan untuk membiasakan burung agar betah dan terbiasa dengan sangkar. Dengan cara ini, Ia akan diajarkan untuk tinggal dan membiasakan diri untuk hidup di sangkar. Kendati di alam liar Ia hidup bebas di hutan, namun jika dilatih dengan baik, niscaya Ia akan mampu untuk beradaptasi dalam sangkar.

Cara mengadaptasi burung sendiri terbilang mudah. Yaitu dengan memasukan burung pada sangkar ukuran sedang yang sudah tertutupi oleh kain atau koran. Kain atau koran ini biasanya menutupi 3 sisi sangkar, yaitu samping kanan, kiri, dan belakang. Tujuannya, supaya burung lebih tenang dan tidak terganggu dengan objek di luar sangkar.

2. Latihlah burung supaya makan Voer
Tips merawat anakan Ciblek hasil tangkapan ini berguna untuk mengadaptasi piyik agar mau makan Voer. Voer sendiri adalah makanan pokok bagi burung. Dalam Voer umumnya terkandung beragam nutrisi untuk burung, seperti vitamin, mineral, zat besi, protein, dan masih banyak lagi.

Cara membiasakan burung agar mau makan Voer pun cukup mudah. Yaitu dengan melarutkan Voer halus dengan air lalu campurkan dengan kroto. Aduklah adonan ini sampai merata, Setelah itu barulah diberikan pada burung. Satu lagi, cara ini sebaiknya dilakukan setiap hari selama  hari berturut-turut, atau sampai burung mau makan voer kering.

3. Penjinakan burung dengan air
Cara menjinakan burung yang paling mudah adalah dengan memandikannya. Cara merawat Ciblek anakan hasil tangkapan ini pun bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan menyemprotkan air dari sprayer secara merata pada tubuh burung. Agar burung jinak lebih cepat, usahakan untuk melakukan cara ini setiap pagi secara teratur.

4. Disiplin
Biasanya hasil akan terlihat setelah 1 – 2 perawatan. Jadi, Anda haruslah sabar dan tetap teratur dalam melakukan perawatan-perawatan di atas. Dengan disiplin dan ketelatenan yang tinggi, niscaya burung hasil tangkapan pun akan jinak dengan lebih cepat.

5. Jangan lupakan vitamin
Pemberian multivitamin untuk burung akan membantu menjaga kesehatan burung lebih terjaga dan berstamina. Pemberian multivitamin pun bisa dilakukan setiap hari sekali, yaitu setiap pagi setelah burung sarapan.

Tips merawat Ciblek anakan hasil tangkapan ini biasanya akan membuat burung uring-uringan, bahkan tidak sedikit juga yang berontak. Untuk itu dituntut kesabaran dan ketelatenan yang ekstra dalam merawat burung tangkapan yang satu ini.