Tips Mengatasi Ciblek yang Over Birahi

Advertisement
Advertisement
Ciblek yang over birahi (OB) pastilah jadi burung yang paling menyebalkan. Perawatan yang rumit dan kelakukan burung yang aneh akan memancing pemiliknya. Terlebih lagi jika tingkat over birahi burung sudah masuk  ke taraf yang mengkhawatirkan. Pemilik pastikan akan dibuat naik darah dan geram dengan segala tingkah laku burung kesayangannya.

Tapi, hal ini bisa saja dihindari. Asalkan menerapkan perawatan yang tepat, pemberian pakan yang ideal, dan pelatihan yang sesuai porsi, birahi pada burung pastilah akan terjaga. Dengan begitu, burung pun akan terhindar dari yang namanya over birahi.

ciblek over birahi

Ciri Ciblek yang Over Birahi
Berikut adalah tanda dari burung yang sedang mengalami OB atau yang sering disebut over birahi:

1. Burung akan jadi hyperactive
Saat tingkat birahi sudah memuncak, burung akan cenderung jadi hewan yang sangat aktif. Bergerak ke sana ke mari dan tidak pernah bisa diam. Paruhnya pun akan rajin bersuara. Namun, suara di sini bukanlah kicauan yang merdu, melainkan suara panggilan untuk lawan jenisnya.

2. Suka mengigiti pakan
Ciri ini umumnya terlihat saat pemberian pakan berlangsung, atau saat burung sedang berdiam diri di dekat cepuk. Ia akan memainkan voer atau pakan dengan paruhnya. Menggigitinya dan enggan memakannya.

3. Mencabuti bulunya sendiri
Ciri yang satu ini mungkin yang paling parah. Untuk itu, jika Anda mendapati burung kesayangan Anda mengalami kondisi ini, segeralah lakukan tindakan lebih lanjut.

Tips Mengatasi Ciblek yang Over Birahi
Berikut adalah beragam tips dan trik yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi over birahi pada burung kesayangan Anda:

1. Hindari pakan dengan kadar protein yang tinggi
Kendati baik untuk kesehatan burung, namun pakan seperti akan menaikan kadar birahi. Dengan memberikan pakan seperti ini, kadar birahi akan naik, dan over birahi pada burung pun akan semakin parah. Jenis pakan yang dimaksud ialah EF berupa serangga, seperti ulat hongkong, dan beragam serangga yang sarat protein lainnya.

2. Maksimalkan perawatan mandi
Air adalah bahan terampuh untuk mengurangi tingkat birahi. Dengan melakukan mandi secara rutin dan teratur, perlahan tapi pasti, over birahi burung akan segera hilang. Untuk mengilangkan birahiyang tinggi tersebut, lakukan tips mudah mengatasi Ciblek yang over birahi ini mandi sebanyak 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.

3. Kontrol birahi dengan sayuran
Jika serangga mampu meningkatkan birahi, maka sayuran adalah bahan yang ampuh untuk mengontrol birahi. Dengan pemberian sayuran secara rutin, birahi burung akan menurun, dan burung pun akan terbebas dari over birahi. Adapun sayuran yang ampuh untuk mengontrol birahi ialah mentimun dan beragam sayuran sejenis.

4. Kawinkan!
Jika ketiga cara di atas belum cukup ampuh untuk menghilangkan OB, maka segeralah kawinkan burung kesayangan Anda dengan betina. Dengan begitu, birahi burung akan lebih terkontrol, dan burung pun akan terhindar dari OB karena ada penyaluran dari OB itu sendiri, yaitu sang betina.

Tips mengatasi Ciblek over birahi di atas bisa Anda lakukan untuk segala macam tanda OB. Dengan menerapkan tips di atas, diharapkan birahi burung akan jadi lebih terkontrol, dan burung pun terbebas dari yang namanya over birahi.