Tips Membuat Ciblek Mengeluarkan Suara Isian

Advertisement
Advertisement
Ciblek memang terkenal memiliki suara yang bagus. Tampilannya yang kecil bukan berarti Ia tidak memiliki kemampuan lebih, melainkan sebaliknya. Ya, burung ini sendiri terkenal pintar dalam hal menirukan suara masterannya. Akibat daripada itu, Ia pun memiliki variasi isian yang beragam dan bervariasi.

ciblek mengeluarkan suara isian

Sayangnya tidak semua burung memiliki kemampuan demikian. Ada saja burung yang malas mengeluarkan suara isian. Dan untuk mengatasi hal seperti itu, ada tips membuat Ciblek mengeluarkan suara isian yang bisa Anda terapkan.

Ya, tips ini sendiri adalah satu dari beberapa tips yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas dan performa burung. Biasanya tips ini digunakan oleh burung kontes. Namun, belakangan tips ini juga sering digunakan untuk burung peliharaan atau burung rumahan. Alasannya sama, yaitu agar si burung mau berkicau dan mengeluarkan suara isian yang diinginkan pemiliknya.

Tapi, sebelum Anda mengetahui apa saja tips yang dimaksud, alangkah baiknya Anda kenali dulu penyebab kenapa burung enggan mengeluarkan suara isiannya. Nah, adapun penyebab tersebut antara lain:
1. Kondisi burung sakit dan tidak dalam kondisi prima.
2. Burung memiliki gangguan mental, baik itu karena shick atau pun demam panggung.
3. Pemasteran burung tidak dilakukan secara rutin dan teratur.

Cara Membuat Ciblek Mengeluarkan Suara Isian
Setelah Anda menyimak apa saja penyebab burung enggan mengeluarkan suaranya, kini giliran Anda tahu apa saja cara untuk membuat burung berkicau dengan suara isian khasnya:

1. Jaga pola latihan
Semakin rutin burung dilatih, maka semakin baik juga performanya. Ya, dengan menjaga pola latihan, burung akan cenderung lebih sering berkicau dan bernyanyi dengan suara isianya. Untuk itulah, Anda dituntut untuk rajin dan giat dalam melatih burung yang satu ini.

2. Rutinlah melakukan pemasteran
Pemasteran adalah salah satu jenis pelatihan untuk burung. Biasanya, pelatihan ini merujuk pada suatu hal, yaitu vokal. Pemasteran sendiri menggunakan media berupa masteran yang ditunjuk sebagai guru vokal bagi burung.

Trik membuat Ciblek mengeluarkan suara isian ini biasanya menggunakan audio atau burung hidup sebagai guru vokal. Dalam prakteknya, guru vokal atau burung masteran akan berkicau dan akan disambut oleh burung Anda.

3.  Sering-seringlah mengganti masteran
Semakin sering Anda mengganti masteran, maka semakin banyak juga varias isian yang dimiliki burung. Namun cara ini juga harus disesuaikan dengan minat dan kemampuan burung. Jadi, jika burung masih belum tanggap dengan suara masteran, sebaiknya jangan dulu diganti. Biarkan Ia belajar dan menerapkan suara masterannya dulu sampai benar-benar bisa.

4. Buatlah kondisi yang nyaman
Biasanya saat burung nyaman, Ia akan mengeluarkan ciri khas suara yang Ia miliki. Dengan cara ini Anda bisa membuat burung Anda mengeluarkan variasi suara yang Anda inginkan. Cara membuat burung nyaman pun terbilang cukup mudah. Anda pun bisa dengan mudah membuat burung merasa nyaman, seperti memberinya pakan yang berkualitas, lingkuang yang bersahabat, dan perawatan yang teratur.

Itulah tadi tips membuat Ciblek mengeluarkan suara isiannya. Cara di atas pun dinilai lebih mudah dan aman ketimbang cara yang lain. Jadi, Anda bisa dengan mudah untuk menerapkan dan mempraktekan cara ini di rumah.