Download Mp3 Suara Kicau Kenari Gunung / Melayu (Mountain Serin / Serinus Estherae), Kenari Asli Indonesia

Advertisement
Advertisement
Tahukah sobat kenari mania tentang burung kenari gunung? kenari gunung ini umumnya disebut dengan kenari melayu, nah dalam bahasa asing disebut dengan istilah mountain serin atau serinus estherae. Kenari jenis ini masih termasuk spesies finch atau pipit, dan tergolong dalam keluarga fringilidae.

Meskipun demikian, kenari jenis ini masih tetap termasuk dalam kategori serinus canaries atau burung kenari. Kenari ini tubuhnya berukuran kecil, yakni sekitar 11 cm. Pada umumnya warna bulu yang terlihat adalah didominasi dengan warna abu-abu, hijau tua, coklat, dan ada tambahan beberapa warna kuning.

kenari gunung, kenari melayu, kenari mountain serin, serinus estherae

Kenari jenis ini biasanya hidup di daerah dataran tinggi, atau di sekitar pegunungan dengan banyaknya pohon-pohon yang besar dan rindang. Kini di Indonesia sudah cukup banyak kenari liar yang warnanya beragam, dan menurut sebagian besar kicau mania, kenari tersebut merupakan hasil dari campuran kenari impor, meskipun itu kini umumnya adalah kenari lokal.

Kenari ini merupakan kenari asli Indonesia yang ciri-ciri nya sangat jelas, yaitu postur tubuhnya yang kecil mungil, dan banyak dijumpai di daerah pegunungan di pulau-pulau besar, seperti: pula Jawa, Sumatra, dan Sulawesi. Terkadang juga ditemukan kenari spesies ini di Philipina, namun tak sebanyak ditemukan di Indonesia.

Ciri khusus dari kenari ini jika dilihat dari warna adalah warna tubuh berkombinasi dengan warna kuning. Untuk kenari gunung jantan biasanya memiliki dahi, serta bagian dadanya berwarn pita kuning dengan adanya coretan hitam. Warna sayap hitam, tunggirnya kuning cerah, mantel warna abu-abu. Sedangkan bagian tenggorokan berwarna hitam, dan perutnya berwarna putih dengan coretan hitam.

Tampilan warna yang bervariasi menjadikan burung mungil ini nampak menawan, namun keindahan tampilannya tidak diimbangi dengan suara kicauan yang mumpuni. Dan sebagian besar kicau mania menganggap suaranya biasa seperti kenari liar pada umumnya. Namun, tidak ada salahnya bila kita mencoba mendengarkan suara kenari gunung ini. Bila dirasa bagus, maka patut untuk dicoba dijadikan sebagai bahan mastering burung kicau kesayangan (simak: suara kenari).

Berikut suara kicauan kenari gunung dalam bentuk mp3:

Suara Kenari Gunung: Download

Cukup sekian informasi mengenai burung kenari gunung yang bisa kami share kepada sobat penggemar burung kenari, sekalian dengan mp3 suara kicauannya yang semoga juga berguna untuk bahan mastering maupun hanya sebagai bahan koleksi.