Informasi Tentang Sapi Simental / Simmental

Advertisement
Advertisement
Tahukah anda tentang sapi simental? ya sapi simental di Indonesia termasuk sapi yang fenomenal dan paling banyak dicari. Sapi ini juga sering dipanggil dengan sebutan sapi metal. Mengapa disebut sapi simmental? awal mulanya sapi ini berasal dari daerah yang bernama Simme, yaitu daerah yang terletak di negara Swiss.

sapi simmental, sapi simental, sapi metal

Sapi simental ini berkembang pesat di benua Eropa dan Amerika, dan kini sai ini dikenal di Indonesia. Sapi simmental merupakan sapi pedging, termasuk juga sapi perah, dengan tubuh berwarna coklat kemerahan, persisnya warna bata. Sedangkan mulai bagian kepala hingga kedua kaki bagian depan berwarna putih, begitu juga dengan ekornya yang berwarna putih, warna yang unik bukan?

Umumnya, sapi simental jantan berat tubuhnya bisa mencapai 1200 kg, sedangkan yang betina bisa mencapai 800 kg. Sapi ini lebih tepat bila diternak di daerah yang beriklim sedang, karena menyesuakan dengan kondisi fisiknya yang lumayan kekar.

Sapi simmental ini umumnya sebagai sapi perah dan sapi potong, karena melihat kandungan lemak yang sedikit di tubuhnya. Jika dilihat dari keturunannya, yaitu asal mula sapi ini dari Eropa, maka sudah dapat dipastikan bahwa sapi ini merupakan sapi yang hidup di iklim dingin.

Sapi simental menyukai jenis pakan rumut hijau dan kacang-kacangan, jadi sangat cocok diternak di daerah yang subur akan rerumputan, sehingga sang penangkar tidak susah-susah mencari pakannya. Termasuk menguntungkan bila memiliki sapi-sapi jenis ini, karena dapat diambil keuntungan dari daging dan susunya.

Demikianlah sedikit informasi mengenai sapi simmental, semoga apa yang kami tulis kali ini dapat menmbah wawasan bagi anda mengenai sapi jenis ini.