Ciri-Ciri Poksay Jambul Putih Asal Thailand (White Crested Laughingthrush)

Advertisement
Advertisement
Burung poksay jambul merupakan salah satu jenis poksay yang berpenampilan unik, ciri khas yang paling menonjol dari poksay ini adalah memiliki jambul putih. Tidak hanya penampilan fisiknya saja yang terlihat sangat mempesona, ternyata poksay ini memiliki suara kicau yang istimewa (simak: suara poksay). Kicauannya yang bagus itulah yang menjadikan daya tarik terhadapnya semakin tinggi, selain bagus untuk dijadikan sebagai burung master, juga patut untuk dijadikan sebagai burung favorit di rumah.

poksay jambul, poksay putih, poksay thailand

Poksay jambul ini disebut-sebut sebagai raja dari berbagai jenis burung poksay di negeri ini, atau dengan nama lain white crested laughingthrush. Poksay ini memiliki beberapa kelebihan dari segi suara, diantaranya ialah: suaranya keras, bervariasi, merdu, serta memiliki mental petarung. Maka, wajar bila hal ini diperhitungkan oleh sebagian besar kicau mania sebagai burung bagus yang berkarakter.

Asal-muasal poksay ini adalah dari negara Thailand, kemudian menyebar luas hingga populer di Indonesia. Peminat poksay ini di pasaran bisa dibilang cukup banyak dibandingkan dengan poksay jenis yang lain. Tak bisa dipungkiri bahwa pksay jambul adalah pksay yang istimewa, mulai dari tampilan fisik, suara, dan mentalnya yang kuat. Penangkar poksay ini juga tak sedikit, karena demi terjaganya dari kepunahan, maka menangkarnya menjadi salah satu solusi yang tepat. Mungkin sobat termasuk penggemar poksay, maka hanya dengan perawatan terbaiklah yang bisa menjadikan poksay ini bisa tampil prima.

Bagi sobat kicau mania yang mungkin belum tahu, maka lebih baik mengenalnya lebih dekat agar lebih bertambah wawasan seputar burung kicau. Berikut adalah ciri-ciri poksay jambul warna putih yang berasal dari Thailand:
  • Poksay jambul postur tubunya lebih besar dari jenis poksay lain.
  • Warna putih mulai dari kepala hingga dalam mantel.
  • Bagian sayap hingga ekor berwarna coklat agak sedikit kemerahan.
  • Paru berwarna ungu kehitaman.
  • Matanya berwarna hitam legam serta dikelilingi warna hitam lebar di sekeliling mata.
  • Kaki lebih kokoh.
  • Memiliki suara dengan volume yang keras.

Itulah beberapa penjelasan singat seputar ciri-ciri poksay jambul yang paling di gemari di Indonesia saat ini. Selain poksay jenis ini, ada pksai lain yang juga peminatnya sangat banyak, yaitu poksay mandarin.