4 Metode Perawatan Molting (Ganti Bulu) pada Burung Ciblek

Advertisement
Advertisement
Burung Ciblek sejatinya tidak jauh berberbeda dengan burung-burung pada umumnya. Baik itu perawatan, pelatihan, atau pun penyakit, burung ini memiliki kesamaan dengan burung lainnya. Tapi untuk urusan pakan, mungkin beberapa burung memiliki sedikit perbedaan. Tapi perlepas daripada itu, hampir semua burung memiliki kesamaan. Salah satunya adalah sama-sama mengalami molting.

Molting sendiri merupakan proses normal yang dialalami burung untuk mencapai kedewasaan. Biasanya, burung yang mengalami molting akan kehilangan bulunya secara bertahap. Tapi setelah proses ini berakhir, burung akan memiliki bulu-bulunya kembali.

ciblek molting, ciblek ganti bulu

Setelah melewati proses ini, bulu burung akan tumbuh dan lebat dengan sendirinya. Hanya saja, jika berbicara kapan, semua tergantung pada metode perawatan molting pada Burung Ciblek itu sendiri, apakah efektif atau tidak.

Perlu diketahui, beberapa perawatan mungkin terbilang efektif karena sudah banyak yang menggunakan. Tapi sebagian lainnya, belum terbukti ampuh untuk mempercepat proses molting. Artinya, perawatan-perawatan ini belum banyak digunakan, dan keefektivitasannya pun masih dipertanyakan.

Tapi Anda tidak perlu khawatir akan perawatan yang efektif dan teruji. Karena berikut adalah beberapa metode perawatan yang sudah terbukti ampuh dapat mempercepat proses molting pada burung:

1. Perawatan dengan full kerodong
1.1. Petama, pindahkan burung ke tempat yang lebih tenang dan berikan full kerodong selama Ia dalam kondisi molting.
1.2. Berikan asupan extra food (EF)/makanan ekstra yang lebih banyak dari biasanya, khususnya pemberian kroto.
1.3. Penjemuran baiknya dilakukan 2 minggu sekali, setiap pagi, selama 30 menit.
1.4. Hindari perawatan mandi selama kondisi burung sedang molting.
1.5. Maksimalkan proses pemasteran dengan suara Kenari.

2. Metode perawatan dengan mandi dan berjemur
2.1. Selama proses molting,burung boleh dimandikan dan dijemur, namun dengan durasi yang lebih sedikit.
2.2. Perawatan molting pada Burung Ciblek ini pun bisa dilakukan dengan proses mandi ringan, atau mandi yang hanya dilakukan dengan penyemprotan sprayer, tanpa membuat burung basah kuyup.
2.3. Penjemuran bisa dilakukan tiap hari,yaitu dari jam 7 – 8 pagi. Durasinya pun tidak boleh lebih dari 1 jam. Cukup 30 – 45 menit setiap pagi.
2.4. Setelah penjemuran selesai, burung bisa diangin-anginkan, lalu dikerodong dan digantang di tempat yang lebih tenang.
2.5. Pemberian pakan bisa dilakukan saat proses penggantangan. Pakan sendiri terdiri beragam EF, bisa berupa jangkrik atau pun kroto.
2.6. Pengangin-anginan juga dilakukan jam 1 siang selama 15 menit. Setelah proses ini selasai, burung bisa kembali dikerodong hingga jam 4 sore.
2.7. Saat jam 4 sore, burung diberikan pakan berupa setengah sendok teh kroto segar. Setelah itu kembali dikerodong dan biarkan Ia beristirahat.
2.8. Metode perawatan molting pada Ciblek ini baiknya dilakukan tiap hari sampai bulu-bulu halus muncul dan tumbuh.

3. Metode perawatan minyak ikan tanpa mandi dan berjemur
3.1. Saat proses molting, burung dianjurkan dalam kondisi full kerodong, tanpa mandi atau pun berjemur.
3.2. Pakan baiknya diberikan tiap hari, yaitu pagi dan sore, dengan menu anjuran berupa ½ sendok makan jangkrik dan 2 ekor jangkrik.
3.3. Pemberian minyak ikan atau anak ikan pun bisa diberikan tiap hari untuk merangsang pertumbuhan bulu.
3.4. Penggantangan juga mesti dilakukan setiap hari, baiknya dilakukan di tempat lembab dan tenang. Proses ini juga bisa dibarengi dengan proses pemasteran suara Kenari.
3.5. Setelah bulu halus mulai tumbuh, burung bisa rutin diberikan perawatan mandi.

4. Metode perawatan dengan karantina dan suplemen
4.1. Metode perawatan molting pada Burung Ciblek ini haruslah dilakukan berjauhan dengan burung sejenis, atau burung yang bisa merangsang aktivitas berkicau.
4.2. Baiknya tempatkan burung pada ruangan kosong, tenang, dan sedikit lembab.
4.3. Jangan lupa untuk lakukan perawatan full kerodomg agar burung lebih tenang dan tidak stres.
4.4. Pemasteran juga bisa dilakukan tiap hari, yaitu saat kondisi sedang tenang dan rileks saat digantang.
4.5. Berikan juga EF secara rutin, baik itu pagi dan sore hari.
4.6. Untuk mempercepat proses, Anda bisa gunakan multivitamin burung yang berguna untuk mempercepat proses molting dan membuat kondisi burung tetap fit saat molting.

Itulah tadi 4 metode perawatan molting pada Burung Ciblek. Anda bisa menerapkan perawatan ini saat kondisi burung sedang molting. Dengan menerapkannya, diharapkan proses molting akan berjalan lancar dan sempurna.