Perawatan Ciblek yang Hanya Sekali Bunyi

Advertisement
Advertisement
Burung Ciblek yang hanya sekali bunyi terkadang membuat pemiliknya meradang. Bagaimana tidak, dengan performa payah seperti itu, burung pun sudah tidak bisa lagi dipentaskan di arena lomba, bahkan latber lokal sekali pun. Saat sudah begini, pemilik burung pun hanya bisa menikmati keindahan tubuh burung, tanpa bisa menikmati ocehan burungnya yang aduhai.

Tapi, hal seperti ini bisa saja dihindari. Asalkan menerapkan perawatan yang sesuai anjuran dan pemberian pakan yang ideal, burung pastilah terbebas dari kondisi seperti ini. Lalu bagaimana jika burung sudah mengalami kondisi yang seperti ini?

ciblek bunyi

Perawatan untuk Ciblek yang Hanya Sekali Bunyi
Jika burung Anda mengalami kondisi yang serupa, perawatan berikut akan mengubah kondisi burung Anda ke kondisi normal:

1. Rajin-ranjinlah memberikan pakan yang berprotein tinggi
Pakan tambahan atau extra food (EF)/makanan ekstra adalah bahan yang paling ampuh untuk mendongkrak performa burung. Dengan pemberian yang teratur, burung akan mendapatkan performa terbaik di arena. Tapi perlu diingat. Pemberian pakan tambahan haruslah yang berkualitas dan berprotein tinggi.

Kendati burung sudah dilatih makan voer, demi peningkatan performa dan mengatasi burung yang hanya bunyi sekali, tidak ada salahnya untuk memberikan pakan ini dalam porsi besar dan intensitas yang tinggi. Tapi, Anda juga harus hati-hati, jangan sampai memberikan EF secara berlebihan. Pasalnya, jika perawatan Ciblek yang hanya sekali bunyi ini dilakukan berlebihan, bisa dipastikan burung akan mengalami OB alias over birahi.

2. Pancing dengan burung betina
Percaya atau tidak, burung jantan itu adalah sosok yang mudah terangsang dengan betinanya. Dengan memancing sang jantan menggunakan sosok burung betina, burung jantan akan terangsang, rajin bunyi, dan pastinya akan menunjukan performa perbaiknya di depan sang betina.

Tapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan perawatan ini:
2.1. Pertama, pastikan sang jantan adalah burung dewasa, yang siap kawin dan memiliki lonjakan birahi yang normal.
2.2. Selanjutnya, burung betina haruslah burung yang sudah dewasa pula, rajin bunyi, dan memiliki volume suara yang tinggi, sehingga bisa didengar sang jantan.

3. Tambah hormon testosteronnya
Cara merawat Ciblek yang hanya bunyi sekali ini adalah cara terakhir. Artinya, jika cara nomor 1 dan 2 tidak menunjukan hasil optimal, Anda bisa menggunakan cara in sebagai cara pamungkas. Untuk melakukannya, Anda cukup berikan suplemen khusus. Dimana suplemen ini berguna untuk menambah hormon pada burung jantan.

Untuk mendapatkan suplemen ini, Anda bisa membelinya di toko burung terdekat. Tapi tahukah Anda. Jika perawatan ini diimbangi dengan perawatan nomor 2, hasilnya pasti akan bagus. Burung akan lebih bertenaga, performanya meningkat, dan Ia pun pasti akan rajin bunyi.

Itulah beberapa Perawatan Burung Ciblek yang hanya bunyi sekali yang bisa Anda terapkan untuk burung dengan kondisi serupa. Asalkan penerapannya tepat dan teratur, bisa dipastikan burung akan memiliki performa dan kualitas suara terbaik.