Pola Perawatan Burung Ciblek Sebelum Lomba Ala Jawara

Advertisement
Advertisement
Jika Kita menengok beberapa kejuaraan dan melihat jawara lomba, terkadang Kita sering penasaran dengan pola perawatan burung Ciblek sebelum lomba ala jawara. Alasannya, tentu saja karena pola perawatan inilah yang menjadi kunci sukses keberhasilan dalam kontes. Kendati cukup diminati, namun tidak banyak master Ciblek yang rela membagikan pengalamannya akan hal ini.

Pola perawatan ini sendiri terdiri dari kegiatan yang dilakukan sebelum lomba. Umumnya, kegiatan tersebut terdiri dari kegiatan yang berguna untuk melatih fisik dan metal burung agar semakin bagus dan baik. Dengan begitu, maka performa burung akan lebih baik dan burung pun akan jauh lebih siap untuk mengikuti kontes.

ciblek jawara

Umumnya, perawatan ini dilakukan sedikitnya sehari sebelum kontes. Tapi ingat, selain memberikan pola perawatan ini, Anda juga harus membekali burung dengan pola perawatan harian yang biasa Anda berikan. Hal tersebut akan berguna untuk lebih memantapkan performa dan kualitas burung saat kontes nanti.

Pola Perawatan Burung Ciblek Sebelum Lomba
Untuk lebih mempermudah Anda, Kita buat pemisalan kalau lomba atau kontes berlangsung pada hari Minggu pagi. Nah, adapun untuk pola perawatannya sendiri adalah sebagai berikut:

1. Pada hari sabtu pagi, Ciblek haruslah diberikan sedikitnya 1 sendok teh kroto dan 2 ekor jangkrik. Cara tersebut akan membuat performa burung membaik. Dengan begitu, penampilan burung juga nantinya akan maksimal dan sesuai dengan yang Anda inginkan.
2. Setelah burung diberi pakan, Anda bisa lanjutkan dengan memandikannya menggunakan sprayer atau pun keramba.
3. Setelah mandi, angin-anginkan burung agar lebih kering. Setelah kering, Anda bisa lanjutkan dengan menjemur burung ini sampai jam 10 pagi.
4. Setelah proses penjemuran, barulah burung diangin-anginkan kembali. Lanjutkan pola perawatan burung Ciblek ini dengan mengangin-anginkannya kembali selama 30 menit lamanya.
5. Setelah diangin-anginkan, barulah nantinya burung dimasukan ke sangkar dan dikerodong sampai jam 4 sore.
6. Setelah jam 4 sore, Anda bisa buka kerodong tersebut dan berilah 2 ekor jangkrik pada burung ini.
7. Jika Anda berminat, silahkan lakukan pemasteran sampai jam 5 sore. Setelah itu sudahi semua aktivitas dan biarkan burung beristirahat dengan sangkar tertutupi oleh kerodong.
8. Pada minggu pagi, Anda bisa mulai persiapan lomba dengan memberikan sarapan berupa 1 sendok teh kroto dan 2 ekor jangkrik pada burung.
9. Setelah sampai di arena lomba, lakukanlah persiapan yang lebih matang dan berikan sedikitnya 3 ekor ulat hongkong putih pada burung kesayangan Anda.

Umumnya pola merawat burung Ciblek sebelum lomba ala jawara ini dilakukan demi mendapatkan kualitas burung yang terbaik. Bahkan beberapa di antara pemilik burung pun ada yang menambahkan asupan extra food di atas semestinya. Tapi tentu saja hal ini beresiko karena bisa mengakibatkan OB atau semacamnya.