Penyebab Kegagalan dalam Menangkar Ciblek

Advertisement
Advertisement
Resiko kegagalan dalam menangkar Ciblek memang akan selalu ada. Dengan adanya resiko ini, pemilik burung haruslah siap sedia dengan kemungkinan yang ada, termasuk kemungkinan kegagalan dalam proses penangkaran burung yang satu ini.

Pencegahan pun jadi salah satu cara terbaik untuk mengurangi resiko kegagalan. Tapi, pencegahan dengan metode yang salah juga memiliki andil besar dalam memperburuk keadaan. Untuk itu, pemilihan metode pencegahan pun harus dilakukan sebaik mungkin. Hal ini dilakukan demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk kegagalan itu sendiri.

menangkar ciblek

Penyebab Kegagalan Dalam Menangkar Burung Ciblek, Lengkap dengan Cara Pencegahannya
Berikut adalah penyebab kegagalan dalam menangkar burung berkicau, lengkap dengan metode pencegahannya:

1. Lingkungan yang tidak kondusif
Lingkungan merupakan hal yang memiliki andil besar dalam kesuksesan penangkaran. Semakin bagus lingkungannya, semakin bagus juga perkembangan dan kesuksesan dalam penangkaran. Begitu pun dengan sebaliknya. Semakin buruk lingkungan, semakin buruk pula hasil penangkaran yang akan didapat.

Solusinya, tempatkan burung pada lingkungan yang ideal, tidak terlalu bising, lembab, atau pun terindikasi memiliki gangguan yang akan menyebabkan burung jadi stres. Dengan cara ini, perkembangan dan tumbuh kembang anakan akan baik dan sempurna.

2. Perawatan yang sembarangan
Penyebab kegagalan dalam penangkaran Ciblek yang satu ini mungkin sudah Anda kenali. Di samping menyebabkan kegagalan, hal ini juga merupakan salah satu penyebab utama dari kematian burung. Maka dari itu, hal ini harus benar-benar dihindari dengan menerapkan perawatan rutin yang baik dan benar.

3. Penjodohan yang tidak berhasil
Inti dari penangkaran adalah mengembangbiakan burung. Sedangkan pengembangbiakan sendiri dilakukan dengan cara penjodohan atau perkawinan. Namun jika penjodohan tersebut tidak berhasil, maka tidak berhasil pula penangkaran yang Anda lakukan.

Jika terjadi hal semacam ini, solusi yang harus diambil adalah dengan mengganti indukan, baik itu jantan maupun betina. Pilihlah indukan yang berkualitas, produktif, dan memiliki karakter yang baik. Sehingga anakan yang ditetaskan nanti akan mewarisi karakter yang disebutkan tadi.

4. Asupan gizi yang kurang memadai
Penyebab kegagalan dalam penangkaran Burung Ciblek ini juga satu dari beberapa penyebab umum yang sering ditemui. Dengan kurangnya zat gizi diperoleh burung, perkembangan fisik dan kesehatannya pun akan buruk, sehingga resiko kegagalan penangkaran pun akan semakin besar.

Jika masalah ini menderita burung kesayangan Anda, solusi terbaik yang harus ditempuh adalah dengan memberikan asupan multivitamin secara rutin. Jangan lupa untuk memberikan asupan pakan yang berkualitas dan bergizi. Dengan cara ini diharapkan kondisi burung akan membaik, dan resiko kegagalan dalam penangkaran pun akan berkurang.

Empat penyebab kegagalan dalam menangkar Ciblek di atas merupakan penyebab umumnya yang mudah dijumpai. Namun ada beberapa penyebab khusus yang membuat penangkaran burung ini gagal. Bisa karena penyakit, gangguan pemangsa, atau pun penyebab khusus lainnya.