Membuat Pakan untuk Ciblek Agar Lebih Rajin Bunyi dan Ngotot

Advertisement
Advertisement
Jika Anda adalah seorang Ciblekmania, Anda pasti tahu tentang cara membuat pakan untuk Ciblek, iya kan? Ya, terkadang pakan ini sangat diburtuhkan untuk meningkatkan performa dan stamina burung. Di samping baik untuk kualitas dan performa burung, pakan ini pun memiliki khasiat yang sama baiknya dengan suplemen burung.

ciblek ngotot

Jika suplemen burung menggunakan ekstrak herbal dan bahan kimia, maka pakan ini memiliki tingkat keamanan dan kualitas bahan yang jauh lebih tinggi. Pembuatan pakan sendiri dilakukan dengan hand made. Artinya, Kita bisa menyortir mana bahan yang berkualitas dan mana yang tidak berkualitas. Dengan demikian, maka budget untuk belanja pakan pun jadi lebih murah dan hemat.
Berikut adalah metode membuat pakan untuk Ciblek agar lebih rajin bunyi dan ngotot:

Bahan yang dibutuhkan

Di bawah ini adalah beberapa bahan yang diperlukan:
1. Satu bungkus Voer berkualitas khusus Ciblek
2. Tepung kroto kering secukupnya
3. Satu bungkus tepung jangkrik yang berkualitas
4. Satu sachet susu bubuk
5. Satu bungkus serial kacang hijau untuk bayi
6. Minyak ikan sebanyak 4 butir
7. Telur ayam sebanyak 2 butir

Cara Pembuatan
Berikut adalah cara membuat pakan yang dimaksud:
1. Masukan voer yang sudah halus, tepung kroto, susu, sereal bayi, tepung jangkrik, minyak ikan, dan tepung jangkrik dalam satu wadah yang sama. Setelah itu aduk hingga semua  bahan tadi tercampur merata.
2. Metode membuat pakan untuk Ciblek pun dilanjutkan dengan merebus kuning telur sampai setengah matang. Setelah kondisi kuning telur setengah matang, lanjutkan dengan mencampurkan kuning telur tersebut ke adonan. Kemudian aduk kembali sampai seluruh bahan tercampur merata.
3. Jika semua bahan telah tercampur merata, Anda tinggal simpan adonan tadi ke wadah kedap udara dan kering.

Cara Pemberian Pakan
Berikut adalah metode yang dianjurkan saat memberikan pakan racikan ini pada burung:
1. Pakan ini bisa dijadikan pakan utama pengganti Voer, jadi aman dikonsumsi setiap hari.
2. Karena pakan ini hanya bertindakan sebagai pakan utama, maka teteplah berikan jangkrik, ulat hongkong, kroto dan jenis extra food (EF) lainnya.

Membuat pakan untuk Burung Ciblek ini sebaiknya dilakukan menggunakan alat bantu, bisa berupa blender atau pun mixer. Cara ini akan memberikan waktu luang lebih banyak untuk Anda. Tapi ingat, cara ini juga harus diimbangi EF dan perawatan kebersihan pakan dan kandang yang baik juga.