Merias Kualitas Suara Ciblek

Advertisement
Advertisement
Kualitas suara Ciblek memang tidak diragukan lagi. Power-nya yang kuat dan suaranya yang merdu membuat burung ini menjelma sebagai burung kicauan yang kucup digemari. Bahkan karena saking banyaknya penggemar, tidak sedikit kegiatan lomba atau kontes yang mempertandingkan burung kecil ini.

suara ciblek berkualitas

Tapi perlu Anda tahu, tidak semua burung memiliki kualitas dan skill yang sesuai dengan harapan. Karena ada saja burung yang memiliki skill di bawah harapan Kita. Ujung-ujungnya, harus ada pelatihan dan perawatan yang lebih intesif untuk mendapatkan kualitas yang diinginkan.

Cara Merias Kualitas Suara Ciblek
Dalam merias kualitas burung, diperlukan kedisiplinan dan metode yang tepat. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dari perawatan dan pelatihan itu sendiri. Nah, untuk metode sendiri, ada beberapa yang umum digunakan, di antaranya:

1. Memperbaiki kondisi kesehatan burung
Ingat, semakin burung sehat, maka semakin baik juga performa yang akan Ia tampilan. Tapi kebalikannya. Saat kondisi burung sedang tidak fit, maka jangan harap performanya bagus, apalagi memukau.

Dengan begitu, yang namanya menjaga kesehatan burung itu tidak selalu untuk menghindarkannya dari penyakit, tapi juga untuk menjaga performanya agar selalu baik. Apabila kondisi burung sakit, segeralah lakukan perawatan dan penanganan sesuai dengan sakit yang Ia derita. Tapi jika Anda ingin lakukan tindakan pencegahan, maka cukup dengan memberinya multivitamin dan perawatan yang baik dan benar saja.

2. Lakukan pengembunan
Merias kualitas suara Ciblek juga bisa dilakukan dengan pengembunan. Dengan cara ini, suara burung akan lebih bertenaga, nafasnya menjadi kuat, dan kualitas suaranya pun akan menjadi baik. Cara ini pun harus dilakukan setiap pagi, setidaknya sejak saat matahari terbit, sampai jam 6 pagi.

3. Lakukan pemasteran dengan suara yang berbeda-beda
Pemasteran sendiri dilakukan untuk memperkaya variasi suara burung. Semakin banyak masteran yang didengarkan burung, maka variasi suara burung pun akan semakin kaya. Dengan begitu, maka kualitas dan skill burung pun akan meningkat.

4. Pertemukan burung dengan lawan jenisnya
Saat dekat dengan lawan jenis, birahi burung akan cenderung meningkat. Saat kondisi ini, Ia akan lebih cenderung berkicau dengan intensitas yang tinggi. Tentu saja hal ini untuk menarik perhatia lawan jenis. Tapi jika cara ini dilakukan rutin, maka birahi burung akan lebih stabil, dan kualitas suara burung pun akan semakin baik karena sering berkicau.

Metode untuk merias kualitas suara Ciblek di atas bisa Anda terapkan langsung di rumah. Tapi dengan syarat, perawatan di atas harus diimbangi dengan pelatihan rutin dan perawatan yang tepat. Dengan cara ini kualitas dan performa burung akan cepat membaik.