Cara Mengatasi Ciblek yang Stres

Advertisement
Advertisement
Ciblek merupakan satu dari jenis burung yang ramah terhadap manusia. Jika dirawat dan dilatih dengan baik, burung ini pun akan jadi hewan peliharaan yang jinak. Namun, kejinakan tersebut akan musnah tatkala hewan ini mengalami stres. Karena saat stres, burung cenderung jadi lebih agresif, pendiam, dan sulit di atur.


Jika terus dibiarkan, tentu hal ini akan mengganggu kesehatan dan performa burung. Untuk itulah, beragam cara mengatasi Ciblek yang stres pun wajib dikerahkan untuk menanggulangi masalah yang satu ini. Tapi, sebelum Anda mengenal lebih jauh cara mengatasi masalah ini, ada baiknya Anda kenali dulu penyebab burung stres.

Penyebab Stres Pada Burung
Berikut ini beberapa hal yang paling sering menyebabkan burung jadi stres dan uring-uringan:
1. Merasa terancam
Biasanya, penyebab ini timbul akibat adanya gangguan dari hewan lain, seperti tikus, kucing, anjing, atau pun hewan lainnya.
2. Perawatan yang berubah
Perawatan yang sering berubah-ubah seperti pergantian menu makanan, pergantian tangkringan, dan perawatan yang tidak terjadwal juga bisa menyebabkan burung stres. Maka dari itu, minimalisir perubahan tersebut agar stres pada burung dapat terhindarkan.
3. Lingkungan yang tidak ideal
Burung ada makhluk yang membutuhkan ketenangan. Ia akan cenderung stres apabila di tempatkan di lingkungan yang ramai, berisik, dan banyak polusi suara.

Cara Mengatasi Burung Ciblek yang Stres
Berikut adalah ragam cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi stres pada burung:
1. Pindahkan sangkar burung pada tempat yang lebih tenang, sejuk, dan terbebas dari polusi suara.
2. Baiknya gunakan kandang umbaran. Cara ini akan melatih otot dan mentalnya agar kembali membaik.
3. Berikan perawatan harian seperti biasa, bila perlu ditingkatkan agar lebih efektif.
4. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan asupan pakan yang cukup. Usahakan untuk memberikan pakan dengan asupan protein dan vitamin.
5. Bila perlu berikan Ia asupan multivitamin burung untuk memperbaiki kondisi kesehatannya.

Pada dasarnya, cara mengatasi Burung Ciblek stres  bisa dilakukan dengan perawatan normal. Hanya saja, untuk mengurangi tingkat stres pada burung, Anda haruslah menerapkan sedikit perawatan yang seperti di atas agar kondisi mental burung kembali membaik.