Mengenal Masalah Ciblek di Arena Lomba

Advertisement
Advertisement
Masalah Ciblek di arena lomba terkadang menjadi momok menakutkan bagi sang pemilik. Pasalnya, saat masalah ini timbul, bisa dipastikan performa burung akan menurun dan penampilan burung pun akan jauh dari kata sempurna. Pencegahan memang bisa dilakukan, tapi tanpa kenal penyebab dan ragam dari masalah yang dimaksud, hal tersebut seakan sia-sia saja dilakukan.

Statement memang patut disampaikan. Mengingat tanpa tahu penyebab dan induk dari masalah yang akan diselesaikan, penanganan seperti apa pun akan dirasa percuma, karena tidak terfokus pada tujuan yang jelas, yaitu masalah burung di arena lomba itu sendiri.

masalah ciblek lomba, masalah ciblek, ciblek lomba

Maka dari itu, mengenal masalah Ciblek di arena lomba dikatakan penting, khususnya untuk pemilik yang memiliki burung petarung. Dengan mengetahui hal ini, penurunan performa akibat masalah ini pun akan terhidarkan. Dengan begitu, kualitas dan performa burung akan tampak lebih sempurna dan mulus tanpa gangguan.

Tapi tahukah Anda? Masalah yang dimaksud merupakan masalah yang umumnya dialami oleh burung kicau lainnya. Jadi, penanganannya pun bisa dibilang sama, sehingga akan memudahkan Anda selaku pemilik dalam mencari dan menentukan penanganan yang tepat.

Beberapa Masalah Ciblek di Arena Lomba
Di bawah ini merupakan kumpulan masalah yang kerap dialami burung saat turun ke arena kontes atau lomba:

1. Kondisi burung yang diam membisu
Kondisi ini umumnya diakibatkan oleh mental yang lemah. Mental sendiri merupakan elemen terpenting dalam mendongkrak performa burung. Semakin bagus mentalnya, semakin bagus pula performanya. Begitu pun sebaliknya. Semakin buruk dan tidak stabil mentalnya, semakin buruk pula suguhan penampilan yang akan disajikan burung tersebut.

2. Birahi yang tidak stabil
Masalah yang satu ini pastilah menimbulkan perilaku aneh burung, seperti diam, hyperaktif, atau pun menunjukan perilaku aneh lainnya. Untuk menghindari hal ini, baiknya jaga kondisi birahi burung. Bisa dengan memberikan EF secara rutin. Dengan cara ini diharapkan burung memiliki kondisi birahi yang lebih ideal dan stabil.

3. Kondisi lingkungan yang terlalu ramai
Selain kedua perkara di atas, kondisi lingkungan yang tidak ideal pun bisa dikategorikan sebagai masalah Burung Ciblek di arena lomba. Kendati tidak terlalu dominan, namun jika kondisi mental burung buruk, hal ini justru bisa menjadi masalah besar yang akan menurunkan performa burung di arena kontes.

4. Suara burung yang serak
Suara serak memang kerap mendera burung. Jika kondisi ini terjadi, performa burung pastilah akan menurun dan tidak bagus. Penyebabnya sendiri bisa diakibatkan karena faktor perawatan dan kebersihan yang kurang baik. Untuk itu, demi mencegah kondisi ini terjadi, baiknya rawat burung dengan metode perawatan yang tepat dan baik.

5. Volume suara yang kecil
Volume memang tidak terlalu berpengaruh pada penilaian. Namun bila kondisi ini terjadi, juri akan merasa kesulitan untuk menilai performa suara yang ditampilkan burung. Jika sudah begini, maka penilaian pun tidak akan maksimal.

Lima masalah Burung Ciblek di arena lomba di atas merupakan masalah yang sering kali didapati pada kontes burung. Masalah ini umumnya terjadi karena perawatan dan pelatihan yang tidak optimal. Sebagai tindak pencegahan dan penanganan, berikan perawatan dan pelatihan rutin untuk burung. Lakukan perawatan dan pelatihan tersebut dengan metode yang tepat agar kualitas burung jadi lebih baik.