Langsung ke konten utama

Ragam Lovebird Parblue di Indonesia dan Kisaran Harganya

Ragam Lovebird Parblue di Indonesia dan kisaran harganya. Sebuah judul yang mungkin sudah dinantikan para penggemar Lovebird (LB), khususya Lovebird Parblue yang memiliki ciri khusus yang unik dan khas. Karena berbagai keunikannya tersebut lah yang menjadikan lovebird nampak istimewa, karena lebih variatif dan beragam.

lovebird parblue

Parblue sendiri sebenarnya merupakan varian dari jenis LB yang kini banyak diperbincangkan banyak orang, terutama di Eropa. Salah satu faktor adalah semakin sedikit jumlah lovebird parblue ini, seiring dengan sedikitnya penangkar. Dan di Indonesia, parblue jelas termasuk lovebird yang jarang dijumpai, selain karena penangkar yang kurang, juga hasil impor yang tentu terbatas jumlahnya.

Parblue sebenarnya merupakan kependekan dari kata partial dan blue, yang artinya sebagian biru. Hasil mutasi warna nampak sebagian berwarna biru keputihan dan biru kekuningan. Jenis ini merupakan golongan dari yellow face. Tapi, karena mutasi dan lain hal, jenis ini kini menjadi jenis langka yang banyak diburu oleh lovebird mania. Namun, jumlah stok lovebird ini sangat terbatas di pasaran, bahkan susah ditemui. Untuk urusan tampilan dan kualitas tentu sudah tidak bisa diragukan lagi.

Awal mula muncul lovebird parblue adalah hasil jerih payah dari sang penangkar asal Amerika yang bernama Felix de Valle pada tahun 2001. Kemudian lovebird ini dikembangbiakkan oleh para penangkar lain, dan berhasil meluas hingga daratan Eropa. Di Eropa, lovebird ini semakin sukses dan menjadi sangat fenomenal, dan di Indonesia lovebird parblue masih terdengar asing, karena melihat jarangnya lovebird jenis ini sekarang.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis lovebird parblue yang menyebar luas di dunia, namun yang paling terkenal hanya ada 2, yaitu Ficheri Parblue dan Personata Parblue. Berikut merupakan penjelasan dari kedua jenis parblue yang fenomenal tersebut:

1. Ficheri Parblue 
ficheri parblue, parblue ficheri
Pada umumnya, Ficheri Parblue bagian kepala berwarna kuning terang, sedangkan blue series-nya ada warna putihnya yang terbagi menjadi beberapa varian, diantaranya adalah sebagai berikut.

Parblue Standar Hijau
lovebird parblue hijau
Jenis ini ditemukan di Tempa, Florida, US pada tahun 2001. Seperti namanya, jenis ini memiliki corak tubuh berwarna hijau yang eksotis dan unik. Untuk saat ini, burung yang ditemukan oleh Felix del Valle ini ditaksir dengan harga 4 juta per ekor. Namun itu untuk burung muda. Sedangkan untuk burung yang sudah dewasa, harga per ekornya bisa mencapai 6,5 juta per ekor, tergantung ukuran, skill, dan kemampuannya.

Parblue Standar Pastel
lovebird parblue pastel
Jenis dan ragam Lovebird Parblue di Indonesia ini terbilang mirip dengan Parblue standar hijau, baik itu bentuk tubuh, ukuran tubuh, dan kemampuannya. Adapun untuk harga burung cantik ini sendiri berkisar sekitar 5 – 6 juta, tergantung ukuran dan performanya.

Parblue Sable Head
lovebird parblue sable head
Jenis ini mungkin yang paling menonjol ketimbang jenis lainnya. Sebab, jika dibandingkan dengan yang lain, jenis inilah yang paling mahal dan eksotis. Tubuh dan kepala yang murni tanpa corak membuat burung ini sangat cantik dan khas, sehingga mampu mendongkrak harganya hingga mencapai 8 – 12 juta per ekor.

Parblue Blorok
lovebird parblue blorok
Parblue Blorok adalah satu dari beberapa jenis Parblue yang paling eksotik. Sebab, diantara jenis yang lain, jenis inilah yang memiliki warna yang sedikit memudar, sehingga tampilannya tampak lebih unik dan berbeda dengan yang lain. Sedangan untuk harga burung cantik ini sendiri berkisar sekitar 5 – 8 juta per ekor, tergantung ukuran, skill, dan kemampuannya.

Ragam Lovebird Parblue Blorok di Indonesia sendiri sudah memiliki 2 jenis, di antaranya adalah:
1. Jenis Parblue Blorok Dark Violet
2. Jenis Parblu Blorok Biru

2. Personata Parblue
personata parblue, parblue personata
Personata Parblue hampir mirip dengan jenis lovebird kepaa hitam, yang memiliki ciri khas yaitu waarna hitam pada bagian muka, tetapi personata parblue bagian leher berwarna putih kekuningan dan kuning cerah.

Perlu dicatat. Jenis Parblue adalah jenis burung mutasi, namun seiring berjalannya waktu, lovebird ini mengalami penurunan seiring dengan sedikitnya penangkar lovebird langka ini, karena kelangkaannya tersebutlah yang menjadikan lovebird ini sangat istimewa dan dihargai dengan harga jual yang mahal (baca: harga lovebird).

Pos populer dari blog ini

Download Suara Kicau Burung Murai Batu Mp3 Durasi Panjang

Suara murai batu memang istimewa, maka tak heran bila sobat kicaumania berburu suara kicauannya, entah sebagai koleksi yang sekedar untuk didengarkan sendiri di rumah, atau dipakai sebagai bahan untuk mastering burung kicau. Murai batu termasuk dalam jajaran burung kicau kelas premium di Indonesia.

Murai batu merupakan salah satu jenis burung yang paling digemari kicaumania hingga saat ini, sehingga pantas saja bila burung ini menjadi burung primadona di negeri ini. Murai batu juga memiliki banyak keunggulan, selain dari segi suara sangat bagus juga dari segi tampilan fisik yang elegan. Ini yang menjadikannya terlihat sangat memukau, dan menjadikan burung ini cukup laris di pasaran. Murai batu kini sangat populer di kawasan asia, mulai dari India, Thailand, Singapura, Malaysia, dan termasuk juga Indonesia.

Murai batu ada berbagai macam jenis,  dan jenis murai batu yang paling populer diantaranya adalah murai batu medan, murai batu nias, murai batu lampung, murai batu aceh, dan murai b…

Cara Ternak Burung Lovebird Untuk Pemula Lengkap

Ternak lovebird menjadi salah satu usaha yang sangat menjanjikan, mengingat banyaknya peminat burung ini di pasaran. Selain itu, lovebird juga menjadi salah satu burung primadona yang sangat populer di negeri ini. Bagi sobat yang berminat untuk memulai usaha budidaya ternak burung kicau, maka ada banyak burung yang bisa dijadikan opsi untuk beternak, mulai dari burung kenari, lovebird, kacer, murai batu, dan lain sebagainya. Sobat harus tahu, terlebih harus peka mengenai burung apakah yang saat ini sedang trend dan dicari banyak orang?


Kami akan mencoba memberikan salah satu result untuk sobat, yaitu burung lovebird. Nah, burung lovebird akhir-akhir ini menjadi burung yang peminatnya terus bertambah, karena tidak hanya di kota-kota besar saja yang tertarik untuk memelihara burung ini, di perdesaan pun mulai banyak yang bermiant untuk memilikinya, bahkan sampai berminat untuk mengembangkannya.

Ternak lovebird bisa dibilang susah-susah gampang, tetapi bila sudah cukup pengalaman, maka ak…

Harga Burung Lovebird Terbaru Mei 2017

Harga lovebird mungkin sedang anda cari saat ini? maka akan kami share, dan teruslah ikuti pembahasannya berikut ini. Burung lovebird atau yang umum dikenal dengan singkatan LB ini merupakan jenis burung kicau yang memiliki warna yang beragam, ada merah, biru, hijau, kuning, dan lain sebaginya. Bulu yang indah, paruhnya yang unik, serta matanya yang bulat tajam menjadikan ciri khas dari burung satu ini. Di Indonesia pecinta burung LB sangat banyak sekali, dan jenis burung ini termasuk jenis burung yang juga menjadi incaran para kicau mania.


Paruhnya yang bengkok menukik kie bawah memang menjadi daya tarik bagi penggemarnya, jadi wajar bila burung lovebird di tahun ini masuk papan teratas yang ramai di pasaran, selain kenari dan murai batu. Di tahun 2013 yang lalu harga burung lovebird katanya menurun, dan di tahun 2014 mulai naik tajam, hingga di tahun 2015 ini burung lovebird harganya lumayan. Namun, setiap jenis lovebird harganya berbeda, tentu bagi sobat pecinta burung lovebird yan…