Ragam Lovebird Parblue di Indonesia dan Kisaran Harganya

Advertisement
Advertisement
Ragam Lovebird Parblue di Indonesia dan kisaran harganya. Sebuah judul yang mungkin sudah dinantikan para penggemar Lovebird (LB), khususya Lovebird Parblue yang memiliki ciri khusus yang unik dan khas. Karena berbagai keunikannya tersebut lah yang menjadikan lovebird nampak istimewa, karena lebih variatif dan beragam.

lovebird parblue

Parblue sendiri sebenarnya merupakan varian dari jenis LB yang kini banyak diperbincangkan banyak orang, terutama di Eropa. Salah satu faktor adalah semakin sedikit jumlah lovebird parblue ini, seiring dengan sedikitnya penangkar. Dan di Indonesia, parblue jelas termasuk lovebird yang jarang dijumpai, selain karena penangkar yang kurang, juga hasil impor yang tentu terbatas jumlahnya.

Parblue sebenarnya merupakan kependekan dari kata partial dan blue, yang artinya sebagian biru. Hasil mutasi warna nampak sebagian berwarna biru keputihan dan biru kekuningan. Jenis ini merupakan golongan dari yellow face. Tapi, karena mutasi dan lain hal, jenis ini kini menjadi jenis langka yang banyak diburu oleh lovebird mania. Namun, jumlah stok lovebird ini sangat terbatas di pasaran, bahkan susah ditemui. Untuk urusan tampilan dan kualitas tentu sudah tidak bisa diragukan lagi.

Awal mula muncul lovebird parblue adalah hasil jerih payah dari sang penangkar asal Amerika yang bernama Felix de Valle pada tahun 2001. Kemudian lovebird ini dikembangbiakkan oleh para penangkar lain, dan berhasil meluas hingga daratan Eropa. Di Eropa, lovebird ini semakin sukses dan menjadi sangat fenomenal, dan di Indonesia lovebird parblue masih terdengar asing, karena melihat jarangnya lovebird jenis ini sekarang.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis lovebird parblue yang menyebar luas di dunia, namun yang paling terkenal hanya ada 2, yaitu Ficheri Parblue dan Personata Parblue. Berikut merupakan penjelasan dari kedua jenis parblue yang fenomenal tersebut:

1. Ficheri Parblue 
ficheri parblue, parblue ficheri
Pada umumnya, Ficheri Parblue bagian kepala berwarna kuning terang, sedangkan blue series-nya ada warna putihnya yang terbagi menjadi beberapa varian, diantaranya adalah sebagai berikut.

Parblue Standar Hijau
lovebird parblue hijau
Jenis ini ditemukan di Tempa, Florida, US pada tahun 2001. Seperti namanya, jenis ini memiliki corak tubuh berwarna hijau yang eksotis dan unik. Untuk saat ini, burung yang ditemukan oleh Felix del Valle ini ditaksir dengan harga 4 juta per ekor. Namun itu untuk burung muda. Sedangkan untuk burung yang sudah dewasa, harga per ekornya bisa mencapai 6,5 juta per ekor, tergantung ukuran, skill, dan kemampuannya.

Parblue Standar Pastel
lovebird parblue pastel
Jenis dan ragam Lovebird Parblue di Indonesia ini terbilang mirip dengan Parblue standar hijau, baik itu bentuk tubuh, ukuran tubuh, dan kemampuannya. Adapun untuk harga burung cantik ini sendiri berkisar sekitar 5 – 6 juta, tergantung ukuran dan performanya.

Parblue Sable Head
lovebird parblue sable head
Jenis ini mungkin yang paling menonjol ketimbang jenis lainnya. Sebab, jika dibandingkan dengan yang lain, jenis inilah yang paling mahal dan eksotis. Tubuh dan kepala yang murni tanpa corak membuat burung ini sangat cantik dan khas, sehingga mampu mendongkrak harganya hingga mencapai 8 – 12 juta per ekor.

Parblue Blorok
lovebird parblue blorok
Parblue Blorok adalah satu dari beberapa jenis Parblue yang paling eksotik. Sebab, diantara jenis yang lain, jenis inilah yang memiliki warna yang sedikit memudar, sehingga tampilannya tampak lebih unik dan berbeda dengan yang lain. Sedangan untuk harga burung cantik ini sendiri berkisar sekitar 5 – 8 juta per ekor, tergantung ukuran, skill, dan kemampuannya.

Ragam Lovebird Parblue Blorok di Indonesia sendiri sudah memiliki 2 jenis, di antaranya adalah:
1. Jenis Parblue Blorok Dark Violet
2. Jenis Parblu Blorok Biru

2. Personata Parblue
personata parblue, parblue personata
Personata Parblue hampir mirip dengan jenis lovebird kepaa hitam, yang memiliki ciri khas yaitu waarna hitam pada bagian muka, tetapi personata parblue bagian leher berwarna putih kekuningan dan kuning cerah.

Perlu dicatat. Jenis Parblue adalah jenis burung mutasi, namun seiring berjalannya waktu, lovebird ini mengalami penurunan seiring dengan sedikitnya penangkar lovebird langka ini, karena kelangkaannya tersebutlah yang menjadikan lovebird ini sangat istimewa dan dihargai dengan harga jual yang mahal.