Mengenal Kenari Irlandia yang Menawan dan Sangat Memukau

Advertisement
Advertisement
Mungkin sobat belum mengenal kenari jenis ini, yaitu kenari fancy inrlandia atau irish fancy. Maka pada postingan kali ini admin akan mengulas sedikit informasi tentang kenari fancy irlandia. Kenari ini mula-mula dikenal pada sekitar tahun 74, dan masuk Amerika Serikan sejak tahun 2008. Kenari ini memeiliki kelebihan pada tampilan fisiknya yang indah dan suara yang sangat memukau (baca: suara kenari).

Pada awalnya, kenari irlandia ini warnanya adalah kuning terang, namun seiring berjalannya waktu, banyak sekali penangkar yang mengembangkannya hingga menghasilkan kenari irlandia dengan warna yang bervariasi. Meskipun pada awalnya banyak yang berkomitmen untuk menjaga warna dasarnya agar tetap khas, tetapi penangkar di Amerika Serikat di tahun 2008 berpendapat lain dan mengembangkan kenari ini menjadi lebih berwarna.

kenari irlandia

Justru setelah dikembangkan, kenari irlandia menjadi cukup populer dari sebelumnya, ditambah dengan sedikit promosi berupa diadakannya pameran burung kicau, termasuk juga kenari irlandia. Dari sini peminat kenari irlandia cukup banyak, hingga kini di Amerika kenari irlandia masih dikenal. Tetapi ada yang janggal, yaitu banyaknya masyarakat di Amerika yang menganggap bahwa kenari ini adalah kenari jenis baru yang berasal dari sana, padahal aslinya adalah kenari yang berasal dari Irlandia dan sudah sejak tahun 1974 dikenal di Irlandia.

Banyak yang menyertakan kenari irlandia dalam perlombaan, karena kelebihan yang dimiliki disertai kualitas, maka sangat wajar bila kenari jenis itu diikutsertakan dalam lomba. Menurut para penangkar, kenari irlandia merupakan pengembangan dari kenari Roller setelah melihat postur fisiknya yang sedikit menyerupai, meskipun bulu-bulunya berbeda.

Di Indonesia sendiri, kenari jenis ini terbilang langka, jadi di pasaran masih terbilang jarang ditemui. Meskipun begitu, tetap ada segelintir penangkar yang tertarik untuk menangkarnya dengan harapan bisa menghasilkan keturunan yang lebih bagus.

Mungkin cukup sekian sedikit uraian tentang kenari irish fancy, semoga dengan adanya informasi ini dapat menjadi tambahan wawasan buat sobat kicau mania.