Berbagai Macam Jenis Burung Kepodang Lengkap dengan Gambar

Advertisement
Advertisement
Selamat malam sobat kicau mania, terutama buat sobat penggemar burung kepodang, kembali admin akan membahas mengenai burung kepodang. Dan kali ini spesial membahas berbagai macam jenis burung kepodang yang paling terkenal di Indonesia. Ada berapakah jenis kepodang yang populer di Indonesia? sebelum kami membahasnya secara detail, kita akan ulas terlebih dahulu seputar kepodang.

burung kepodang, macam kepodang, jenis kepodang, jenis burung kepodang, kepodang

Burung kepodang adalah burung yang tergolong dalam keluarga Oriolidae, dan genus nya adalah oriolus. Terdapat 30 spesias yang menyebar luas di seluruh dunia, dan di negeri ini hanya ada beberapa spesias saja yang populer. Diantaranya adalah kepodang batu, kepodang emas, dan kepodang kapur.

Dar ketiga jenis kepodang tersebut, salah satu jenis kepodang yang paling digemari adalah kepodang emas. Kepodang emas memiliki suara yang unik dan berkarakter, sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan masteran (download: suara kepodang emas). Meskipun begitu, bukan berarti kepodang lainnya tidak digemari, kepodang lain juga tak kalah bagusnya dengan kepodang emas, cuman mungkin karena penangkar kepodang emas lebih banyak, sehingga stok di pasaran juga banyak. Harga kepodang berkisar antara 200ribuan hingga 1,5jutaan, harga tergantung kondisi, bakalan, indukan, dan harga di daerah masing-masing berbeda.

Jenis Kepodang
Ingin tahu jenis-jenis 3 jenis kepodang yang fenomenal tersebut? langsung saja simak informasinya berikut ini:

1. Kepodang Batu
kepodang batu
Kepodang batu umumnya adalah tubuhnya berwarna kuning agak pucat, dan kadang juga ada yang berwarna putih. Warna hitam yang menjadi kacamatanya terlihat hitam agak pudar, bulu di bagian dada terdapat garis-garis hitam, paruh dan kelopak matanya berwarna hitam legam. Sedangkan suaranya juga unik, yaitu biasanya berbunyi "pyek..pyek..pyek...".

2. Kepodang Emas
kepodang emas
Kepodang emas terkenal dengan kepodang pesolek, warnanya yang cerah dan tampilannya nampak menawan. Kepodang jenis ini memiliki ciri yaitu puhnya berwarna merah muda, bulu-bulunya berwarna kuning terang, terdapat warna hitam legam di bagian kepala, sayap, dan ekornya.

3. Kepodang Kapur
kepodang kapur
Kepodang kapur juga bulunya berwarna kuning tegas, terdapat garis hitam gelap di sekitar matanya, paruh nya berwarna abu-abu bercampur pink (akan berubah menjadi merah), di bagian kelopak matanya terlihat sedikit ada warna merah-merah, karakter suara burung ini adalah meriwik dan senang dimaster dengan bunyi "wuiit..wuiitt...".

Itulah beberapa jenis kepodang yang paling populer di Indonesia, semoga artikel yang kami tulis kali ini dapat menambah informasi bagi sobat kicau mania. Kepodang bisa menjadi burung pilihan yang mungkin bisa dicoba untuk dipelihara di rumah anda.