Tanda-Tanda Indukan Ciblek akan Bertelur

Advertisement
Advertisement
Dalam beternak burung, khususnya Ciblek. Hal yang paling menggembirakan adalah saat dimana indukan betina akan bertelur, setujua kan? Jika bisa dikatakan, saat-saat ini adalah momen yang paling menggembirakan para peternak burung. Karena disaat momen ini terjadi, burung yang mereka ternak akan bertambah. Itu artinya, pendapatan mereka pun pastinya bertambah.

indukan ciblek bertelur, indukan ciblek, ciblek bertelur

Tapi jangan senang dulu. Momen ini tidak begitu saja terjadi tanpa adanya masalah dan gangguan. Pasalnya, pasti ada satu atau dua masalah yang akan terjadi saat momen ini berlangsung. Salah satunya adalah indukan yang sembarang bertelur.

Umumnya, kondisi ini terjadi akibat ketidaktahuan pemilik akan tanda-tanda indukan Ciblek akan bertelur. Kendati sederhana dan bisa dipelajari dengan mudah, namun mengetahui ciri ini sangatlah penting, terlebih lagi untuk persiapan perawatan burung pasca bertelur. Karena dengan cara ini, persiapan perawatan pasca bertelur akan dilakukan sematang mungkin dan sebaik mungkin.

Coba bayangkan bila Anda tidak tahu akan tanda ini dan tidak melakukan persiapan perawatan pasca bertelur. Pastilah indukan akan bertelur sembarangan dan bukan ditempat semestinya. Jika sudah begini, pastilah Anda sendiri yang akan repot. Karena harus melakukan perawatan secara mendadak dan tanpa persiapan yang matang.

Beberapa Tanda Indukan Ciblek yang Akan Bertelur
Untuk menghindari segala resiko yang sudah disampaikan di atas, berikut adalah beberapa tanda yang bisa Anda jadikan indikator saat burung kesayangan Anda akan bertelur:

1. Peningkatan berat badan
Sama halnya dengan ibu yang sedang mengandung. Indukan betina pun saat memiliki telur yang masih di dalam perut akan memiliki berat bada yang meningkat drastis. Hal ini umumnya dipengaruhi akibat perkembangan telur itu sendiri. Semakin tinggi peningkatan indukan, maka semakin besar pula telur yang ada di dalam perutnya. Dan semakin besar ukuran telur tersebut, maka proses bertelur pun akan semakin dekat.

2. Peningkatan intensitas nafas
Tanda indukan Ciblek yang akan bertelur ini biasanya terjadi saat usia telur dalam perut indukan sudah memasuki usia matang. Umumnya peningkatan intensitas nafas ini diakibatkan karena perasaan sesak yang menyelimuti dada indukan betina. Hal ini terjadi karena efek perkembangan telur. Jika telur ini semakin besar dan siap keluar, maka intensitas nafas punakan semakin tinggi.

3. Membesarnya pantat indukan betina
Pantat indukan akan membesar tatkala telur sudah menyentuh bagian paling ujung dari bagian tubuh yang satu ini. Saat hal ini terjadi, sebaiknya segera lakukan persiapan akhir, berupa persiapan sangkar, pakan, tempat, dan lainnya. Karena saat momen ini terjadi, proses bertelur hanya akan menunggu hitungan hari saja.

3 tanda indukan Burung Ciblek akan bertelur ini ialah tanda yang paling sering ditemui. Kendati masih ada tanda-tanda yang lain, tanda tersebut umumnya hanya digunakan sebagai tanda alternatif karena akurasinya masih belum bisa dibuktikan.