Ciri-Ciri Burung Gelatik Batu

Advertisement
Advertisement
Burung gelatik batu termasuk burung kicau yang memiliki banyak kelebihan, dan termasuk burung yang digemari di negeri ini. Gelatik batu memiliki suara yang sangat merdu, sangat bagus bila suaranya tersebut dijadikan bahan untuk melatih suara burung kicau (download: suara gelatik batu). Burung gelatik batu juga tampilan fisiknya cukup indah, maka terlihat nampah sangat istimewa. Maka, wajar sekali bila banyak yang berminat untuk memiliki burung ini.

burung gelatik batu, gelatik batu

Banyak yang menganggap bahwa burung gelatik batu ini hampir sama dengan gelatik Jawa, padahal ada perbedaan. Kalau gelatik batu lebih menyukai pakan dari jenis serangga, sedangkan gelatik jawa menyukai pakan berupa biji-bijian, dan gelatik jawa juga termasuk dalam jenis burung pipit.

Meskipun burung ini postur fisiknya sangat mungil sekali, tetapi jangan salah, bahwa suara kicauan gelatik jawa sangat unik sekali. Burung ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan, jadi termasuk burung yang tidak gampang stres. Selain itu juga perawatan harian cukup mudah, karena bukan tipe burung yang anyi-anyi atau malas makan bila dikasih pakan kesukaannya. Pakan kesukaan gelatik batu adalah jangkrik, ulat hongkong, ulat kandang, dan lain sebagainya.

Gelatik batu genusnya adalah genus parus, dan nama ilmiahnya adalah parus major, sedangkan dalam bahasa inggris disebut coal tit. Burung ini jika dimaster bisa juga disandingkan dengan burung kicau lain seperti: ciblek, kacer, pleci, dan lain sebagainya. Selain karena mudah beradaptasi, juga memilii mental yang tangguh.

Burung gelatik batu ketika di alam bebas hidup di daerah pegunungan yang banyak pepohonan tinggi. Burung ini hidupnya senang berkelompok, bersama-sama mencari makan, selain itu juga termasuk burung yang berenergic, sangat lincah.

Adapun ciri-ciri gelatik batu diantaranya ialah sebagai berikut:
  • Tubuhnya mungil, berukuran 13 cm.
  • Tubuh berwarna hitam, abu-abu, dan putih. 
  • Bagian kepala berwarna hitam.
  • Kerongkongan juga warna hitam.
  • Terdapat bercak putih di sekitar wajah.
  • Mata berwarna hitam legam.
  • Terdapat garis-garis putih di bagian sayapnya.

Demikianlah sekilas informasi mengenai burung gelatik batu yang dapat kami ulas pada kesempatan kali ini, semoga menjadi wawasan bagi kita semua akan ragam burung kicau di Indonesia.