Egg Food Sebagai Pengganti Kroto untuk Ciblek

Advertisement
Advertisement
Untuk seekor Ciblek, kroto merupakan pakan wajib di samping voer. Kandungan vitaminnya yang kaya dan teksturnya yang sedikit lembut membuat pakan ini digemari burung yang satu ini. extra food (EF)/ atau makanan ekstra ini sendiri merupakan pakan alami burung. Jadi, sebelum digunakan sebagai EF dalam perawatan harian, pakan ini juga sering dikonsumsi di alam liar. Jadi wajar jika burung suka dengan EF yang satu ini.

Tapi, dengan semakin banyaknya kebutuhan konsumsi kroto, jumlah dan stok kroto pun jadi semakin terbatas. Bahkan di beberapa kota pakan ini sangkar jarang ditemui. Kalau pun ada, harganya pasti menjulang setinggi langit. Untuk pecinta burung yang sudah mapan, hal ini tentu bukanla masalah. Tapi bagaimana untuk yang tidak?

egg food ciblek

Egg Food sebagai pengganti kroto untuk Ciblek adalah salah satu alternatif yang banyak digunakan saat ini. Harganya yang murah dan proses pembutannya yang mudah membuat pakan ini banyak digemari pecinta burung.

Kendati umumnya digunakan sebagai alternatif, tidak sedikit pula pemilik burung yang menjadikan pakan ini sebagai pakan pokok pendamping voer. Alasannya, tentu saja karena biaya yang murah dan proses pembuatannya yang mudah. Berbicara mengenai cara pembuatan Egg Food, berikut ini caranya.

Cara Membuat Egg Food Sebagai Pengganti Kroto untuk Ciblek
Di bawah ini merupkan tata cara yang bisa dilakukan untuk membuat Egg Food sebagai pakan alternatif burung:
1. Siapkan sebutir telur ayam atau pun puyuh.
2. Setelah itu, rebus hingga matang matang.
3. Selanjutnya kupas telur tadi, lalu belah jadi 2 bagian dan ambil setengah bagian kuning telur.
4. Geruslah kuning telur tadi dalam wadah bersih dengan menggunakan sendok.
5. Kemudian tambahkan susu bubuk.
6. Jika Anda menggunakan telur ayam, takaran susu bubuk yang diberikan ialah 1,5 sendok teh. Sedangkan untuk telur puyuh, susu bubuk yang diberikan hanyalah ½ sendok teh saja.
7. Setelah itu, pembuatan Egg Food untuk sebagai pengganti kroto untuk Burung Ciblek pun dilanjutkan dengan proses pengadukan adonan hingga tercampur merata.
8. Selanjutnya tambahkan 2 – 3 kapsul minyak ikan. Gunting kapsulnya, lalu tuangkan dalam adonan dan aduk hingga semua bahan tercampur merata.

Cara Pemberian Egg Food Pada Burung
Jika pakan sudah jadi dan siap dikonsumsi, berikut cara yang harus dilakukan:
1. Dinginkan pakan sampai memiliki suhu ideal, tidak terlalu panas apalagi dingin.
2. Berikan pakan dengan porsi yang cukup. Bisa ½ cepuk, atau kurang daripada itu.
3. Jika Anda membuat pakan dengan jumlah yang besar, pemberian tidak boleh dilakukan sekaligus. Berikan pakan dengan porsi yang cukup, lalu sisanya disimpan di tempat yang ideal.

Karena Egg Food sebagai pengganti kroto untuk Ciblek, maka kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya pun sangat baik untuk perkembangan dan kesehatan burung, seperti protein, zat besi, dan masih banyak lagi.