Ciri-Ciri Ciblek Siap Lomba

Advertisement
Advertisement
Ciri-ciri Ciblek siap lomba tidak hanya dilihat dari segi suara maupun kualitas kicauan saja. Pasalnya, ada beberapa hal lain yang menjadi acuan seekor burung sudah siap lomba atau tidak. Tidak hanya Ciblekmania yang menggunakan acuan tersebut. Karena beberapa penggemar burung lain pun juga menggunakan acuan tersebut sebagai patokan mereka untuk mengukur kemampuan burung kesayangan mereka.

Menurut mereka, acuan seekor burung sudah siap mengikuti lomba atau tidak itu tidak jauh beda. Bahkan ada beberapa burung yang memiliki kesamaan untuk hal seperti ini. Itulah yang menjadi alasan kenapa banyak orang menggunakan acuan yang sama untuk menilai kemampuan burung mereka.

ciblek siap lomba, ciblek lomba

Ciri Cilek yang Sudah Siap Lomba
Berikut adalah beberapa acuan yang bisa digunakan untuk mengukur kesiapan burung dalam mengikuti lomba:

1. Usia yang sudah matang
Seekor burung idealnya mampu mengikuti kontes saat usianya menginjak 6 – 8 bulan. Kendati banyak burung diikutsertakan kontes saat usianya di bawah umur 6 bulan, namun hal bukanlah tindakan yang baik. Pasalnya, saat seekor burung masih di bawah umur kondisi mentalnya masih buruk.

Jika lawan burung tersebut di bawah skill yang ia miliki, mungkin tidak akan jadi masalah. Namun masalah terbesar adalah saat burung lain memiliki mental dan kualitas yang lebih baik. Saat kondisi ini terjadi, burung muda pun pasti akan mengalami penurunan mental yang drastis. Ujung-ujungnya, burung pun akan shock dan stres.

2. Kondisi tubuh yang sehat
Ciri Ciblek yang siap lomba ini mudah sekali diamati. Saat kondisi burung sedang sakit, biasanya ia akan memberikan tanda dengan kondisi bulu yang mengembang atau kondisi tubuhnya yang mendadak lemas dan tidak bertenaga. Saat kondisi ini melanda, burung sehebat dan setua apa pun pastilah akan kalah dan tidak akan diperbolehkan ikut kontes.

3. Kondisi birahi yang normal
Kualitas burung biasanya dipengaruhi oleh birahi. Saat kondisi birahi baik, kualitas burung pasti akan baik dan bagus. Tapi kebalikannya. Saat kondisi birahi burung jelek, jangan harap ia mau berkicau, apalagi gacor. Tapi jika birahi burung berlebihan, maka burung pun akan bertingkah aneh, seperti ngeruji, tidak tenang, dan masih banyak lagi.

Ciri-ciri ciblek yang sudah siap lomba ini pun mudah dikenali. Biasanya, kondisi burung yang punya birahi normal akan rajin berkicau, tidak terlalu aktif tapi tidak juga terlalu aktif. Intensitas kicauannya juga stabil dan lancar.

4. Mudah dirayu
Pengertian mudah dirayu di sini adalah mudah untuk diajak berkicau. Saat seekor burung sudah mudah dipancing dan diajak berkicau, itu berarti burung sudah bisa mencicipi arena kontes. Untuk mengenali ciri ini caranya mudah, yaitu cukup dengan menjentikan jari atau bersiul saja di depan burung. Jika burung membalas jentikan atau siulan kita, maka burung pun bisa dibilang telah siap dibawa ke kontes.

Ciri-ciri burung Ciblek siap kontes di atas adalah ciri-ciri yang sering digunakan untuk mengukur kesiapan burung. Saat burung belum memiliki ciri di atas, janganlah coba-coba mencicipi arena kontes dulu. Tapi jika burung Anda sudah gacor dan memiliki kualitas yang baik, cobalah ajak dulu ke latber lokal saja dulu, bukan ke kontes burung.