Mengatasi Ciblek yang Sering Mencabuti Bulunya Sendiri

Advertisement
Advertisement
Perilaku Ciblek memang sering kali membuat pemiliknya tertawa karena kelucuannya. Namun, tidak sedikit juga perilaku burung ini membuat pemiliknya jengkel dan kesal. Perilaku mencabuti bulu misalnya. Perilaku ini memang tidak begitu membahayakan, khususnya untuk kesehatan dan performa. Tapi jika terus dibiarkan, burung pun akan mengalami kebotakan.

ciblek mencabuti bulu

Mengatasi Ciblek yang sering mencabuti bulunya sendiri pun memiliki banyak metode. Beberapa adalah metode alami, sedangkan sisanya adalah metode dengan menggunakan obat khusus.  Tapi, sebelum Anda menentukan metode apa yang harus digunakan, sebaiknya carilah dulu apa yang menyebabkan burung ini gemar mencabuti bulunya.

Dari beberapa kasus. Ada sedikitnya 3 alasan utama yang membuat burung ini mencabuti bulunya sendiri. Pertama, burung mengalami over birahi (OB). Dan yang kedua, bisa jadi karena gangguan parasit seperti kutu, tungau, atau sejenisnya. Dan yang terakhir, burung tersebut mengalami kondisi stres yang berlerbihan.

Cara Mengatasi Ciblek yang Sering Mencabuti Bulunya Sendiri
Di bawah ini adalah rangakaian cara yang bisa digunakan untuk mengatasi burung yang gemar mencabuti bulunya sendiri:

Menagatasi Burung yang Gemar Mencabuti Bulu Akibat Over Birahi
Over birahi adalah kondisi dimana burung mengalami peningkatakan kadar birahi yang berlebihan. Akibatnya, kesimbangan hormon dan perilaku burung pun berubah. Salah satunya adalah mencabuti bulu ini. Solusinya, lakukan peerawatan rutin secara intensif, khususnya perawatan mandi. Serta kurangi asupan extra food (EF) atau makanan ektra, khususnya yang dapat memicu OB itu sendiri.

Mengatasi Burung yang Gemar Mencabuti Bulu Akibat Parasit
Selain birahi, parasit seperti kutu dan tungau adalah penyebab utama burung suka melakukan perilaku ini. Jika penyebabnya adalah hal ini, maka tips terbaik mengatasi Ciblek yang sering mencabuti bulunya sendiri adalah dengan menghilangkan kutu atau tungau tersebut dari tubuhnya.

Adapun untuk cara dan penerapannya sendiri adalah berikut:
1. Pertama, pindahkan burung ke sangkar khusus yang sudah disiapkan. Dan jauhkan Ia dari jangkauan burung sejenis.
2. Lalu, mandikan burung dengan air dan campuran obat kutu dan tungau.
3. Berikan pakan yang bernutrisi.
4. Hindari ulat hongkong, dan minimalisir pemberian EF lainnya.
5. Jika burung belum benar-benar menghentikan perilaku ini, hindari pertemuan antar burung, khususnya yang sejenis.
6. Cara ini bisa dilakukan berulang kali sampai burung berhenti melakukan perilaku ini.

Mengatasi Burung yang Mencabuti Bulunya Sendiri Akibat Stres
Jika penyebabnya adalah stres, maka cara terbaik adalah dengan memindahkan burung ke tempat yang lebih ideal, tenang, dan terhindar hal-hal yang bisa membuatnya stres, termasuk perawatan yang sembarang.

Itulah tadi cara mengatasi Burung Ciblek yang sering mencabuti bulunya sendiri. Dengan menerapkan cara di atas, niscaya burung akan mengurangi kebiasaan buruknya. Bahkan jika dilakukan secara rutin, burung akan benar-benar menghentikan perilaku buruknya ini.