Penyebab Burung Ciblek Sering Mencabuti Bulunya

Advertisement
Advertisement
Burung Ciblek yang sering mencabuti bulunya memang kerap kita lihat saat burung dalam kondisi OB alias over birahi. Kendati tidak menganggu kesehatan secara langsung, namun jika terus dibiarkan, hal ini malah berimbas pada kebotakan burung. Saat sudah begini, burung pun akan kedinginan saat malam, dan ujung-ujungnya pasti berimbas pada kesehatan.

Sebenarnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal semacam ini. Bisa dengan pengobatan tradisional atau pun modern. Tapi sebelum Anda melakukan pengobatan untuk hal ini, ada baiknya Anda ketahui dulu apa saja hal yang menyebabkan terjadinya hal semacan ini. 

ciblek mencabuti bulu

Pengetahuan akan penyebab masalah ini sangatlah penting. Hal ini karena pengetahuan akan penyebab Burung Ciblek sering mencabuti bulunya ini akan membantu Anda dalam menentukan pengobatan yang tepat dan efesien. Sehingga, apabila Anda mengetahui penyebab yang dimaksud, Anda bisa menentukan, mana pengobatan yang dirasa pas dan sesuai dengan penyebab dari perilaku ini.

Mengenal Macam Macam Penyebab Burung Ciblek yang Sering Mencabuti Bulunya Sendiri 
Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan burung sering mencabuti bulunya sendiri, lengkap dengan penanganannya: 

1. Faktor over birahi (OB) 
OB atau over birahi ialah kondisi dimana birahi burung mengalami lonjakan yang signifikan. Biasanya, setiap tahun burung akan mengalami hal seperti ini. Penyebabnya pun beragam. Bisa karena sering mendengar suara betina, terlalu banyak mengonsumsi pakan berprotein tinggi, melihat burung sejenis, dan masih banyak lagi. 

Jika burung Anda mengalami kondisi ini, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi asupan extra food (EF)/makanan ekstra, khususnya EF yang sarat protein yang tinggi. Cara lainnya adalah dengan mengawinkan burung jantan dengan betina. 

Dengan melakukan kedua cara ini, potensi perilaku Burung Ciblek yang sering mencabuti bulunya pun akan sedikit berkurang. Alasannya, apabila birahi burung sudah terkontrol dengan baik, burung pun akan terhindar dari perilaku yang diakibatkan oleh OB, termasuk perilaku mencabuti bulu ini. 

2. Stres yang berlebih 
Tidak hanya OB, stres juga diyakini mampu mengakibatkan burung suka mencabuti bulunya sendiri. Stres sendiri bisa diakibatkan oleh berbagai hal. Bisa karena sangkar yang terlalu sempit, tangkringan yang tidak susai dengan cengkraman, atau pun karena lingkungan yang tidak kondusif. 

Saat sudah begini, cara terbaik adalah dengan menangani penyebab dari stres itu sendiri. Pindahkan sangkar burung ke tempat yang lebih tenang, nyaman, dan terhindar dari kebisingan. Cara mengatasi Burung Ciblek yang sering mencabuti bulunya juga bisa ditangani dengan mengangganti sangkar atau pun tangkringan dengan yang lebih nyaman dan sesuai untuk burung.  

3. Gangguan parasit 
Ganguan parasit seperti kutu, tungau, dan sejenisnya juga diyakini mampu mengakibatkan burung sering mencabuti bulunya sendiri. Biasanya, burung akan merasa gatal dan tidak nyaman dengan kondisi bulu yang terdapat kutu dan tungau. Ia akan sering menggaruki bulunya. Bahkan pada kondisi tertentu, Ia juga akan mencabuti bulu-bulunya sendiri. 

Jika terus dibiarkan, hal ini tentu mengakibatkan kebotakan pada burung. Maka dari itu, rajin-rajinlah membersihkan bulu burung. Bisa dengan mandi atau pun keramas. Agar cara ini lebih efektif, gunakan sampo khusus kutu yang banyak dijual di toko burung. 

Masalah Burung Ciblek yang sering mencabuti bulunya sejatinya bisa ditangai dengan perawatan dan pengobatan yang sederahana. Pengobatan di atas contohnya. Asalkan tahu penyebabnya, pengobatan bisa dilakukan efektif dan cepat.