Penyebab Ciblek Burung Macet Bunyi

Advertisement
Advertisement
Jika Anda adalah seorang Ciblekmania, Anda pasti tahu dengan penyebab Ciblek macet bunyi. Burung ini sama dengan burung kicau pada umumnya. Kala ada sebuah masalah, ia pasti akan macet bunyi dan enggan untuk kerkicau sebagaimana mestinya.

Hal ini pastilah menjadi tamparan tersendiri untuk sang pemilik, apalagi jika kejadian ini berlangsung pada kontes burung. Bagaimana tidak, setelah sekian lama dilatih dan ditempa, ternyata sang burung tiba-tiba macet bunyi. Walaupun ia masih bisa berkicau, namun kicauan tersebut tidaklah segacor biasanya.

ciblek macet bunyi

Saat kondisi ini terjadi, ada baiknya lakukan penanganan dengan menghentikan segala aktivitas yang dapat memperparah keadaan. Adapun aktivitas yang dimaksud itu seperti perlakuan yang keras dan menyiksa, pemberian pakan yang sembarang, dan penempatan sangkar yang sembarang.

Penyebab Burung Ciblek Macet Berkicau
Selain mengetahui aktivitas yang dilarang dilakukan, Anda juga harus tahu beragam penyebab yang membuat burung ini malas dan enggan untuk berkicau. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa penyebab yang membuat burung ini macet bunyi:

1. Kalah mental
Kondsi umumnya terjadi saat kontes, latber, atau pun ngtrek. Saat seekor burung kalah skill, umumnya ia akan kalah mental dan cenderung menjadi pendiam. Untuk membangkitkan mental burung, biasanya pemilik akan melatihnya kembali dengan pelatihan mental khusus, seperti pelatihan tiang bendera, latber mini, atau pun pelatihan yang lainnya.

2. Sakit
Jika kondisi burung sedang sakit, maka jangan harapkan performa yang maksimal darinya. Karena bagaimana pun, burung yang sedang sakit itu akan mengalami penurunan performa. Saat penyebab Ciblek malas berkicau ini terjadi, maka cara terbaik adalah dengan menyembuhkan penyakitnya dan melakukan pelatihan ulang.

3. Kaget dengan pola perawatan yang berbeda
Beda tangan, maka beda juga perawatan yang diberikan. Itulah sedikit alasan kenapa burung yang baru dibeli di pasar cenderung lebih pendiam ketimbang saat ia berada di pasar. Alasannya, burung sendiri akan sensitif dengan perawatan yang baru, jadi saat ia mendapatkan perawatan yang beda dari yang biasanya, maka ia pun akan kaget dan malas untuk berkicau.

4. Terpaku pada kebosanan
Perlu Anda ketahui, Ciblek sendiri adalah satu dari beberapa burung yang mudah bosan. Jadi, saat ia sedang bosan, ia akan cenderung lebih pendiam dan malas untuk bunyi. Saat hal ini terjadi, segeralah atur ulang suasana lingkuan sekitar burung akan menjadi lebih asyik dan nyaman untuk burung.

5. Kualitas pakan yang jelek
Burung juga punya seleranya sendiri. Saat ia mendapatkan kualitas pakan yang jelek, hal paling mudah yang bisa Anda cermati adalah ketidakmauan untuk makan. Namun selain hal ini, ada beberapa ciri lain yang mudah dikenal, yaitu pendiam. Pendiam sendiri adalah ciri dari kondisi kesehatan burung yang dinilai jelek dan tidak bagus.

Penyebab Ciblek macet bunyi di atas umumnya terjadi karena kelalaian pemilik. Jadi saat kondisi ini terjadi, maka jangan salahkan burung apabila ia menjadi pendiam dan enggan untuk berkicau. Jika kondisi ini dibiarkan, maka kualitas burung pun akan perlahan menurun dengan sendirinya.