Ciri-Ciri Burung Ciblek Kristal

Advertisement
Advertisement
Jika berbicara tentang burung ciblek, maka terlintas dalam benak kita bahwa burung ini adalah burung yang postur tubuhnya kecil. Burung dengan nama latin prinia ini termasuk salah satu jenis burung kicau yang populer di negeri ini. Di Jawa, ciblek terkenal dengan sebutan burung prenjak atau prenjak Jawa.

ciblek kristal

Ciblek terkenal dengan suara kicauannya yang berkarakter, bisanyanya kicau mania menggunakan suara ciblek sebagai suara untuk masteran. Ciblek terkenal dengan suaranya yang khas, yaitu "kecrek..kecrek...kecrek...". Ini yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar ciblek, sehingga ciblek banyak yang memelihara dan eksis hingga saat ini.

Harga burung ciblek cukup beragam, tetapi semuanya bisa dibilanging relatif murah, sangat cocok buat semua kicau mania yang gemar mengoleksi berbagai jenis burung kicau (lihat: harga ciblek). Setiap jenis ciblek masing-masing memiliki keunikan tersendiri, dan yang pasti setiap penghobi juga memiliki minat yang berbeda.

Ciblek Kristal merupakan salah satu jenis ciblek yang berkarakter dan diminati oleh sebagian besar kicau mania di Indonesia. Burung ini sebenarnya hampir mirip dengan ciblek kebun, yaitu sama-sama memiliki warna putih sebagai warna dominan dari bagian dada sampai bagian pantatnya.

Adapun ciri-ciri umum burung ciblek kristal adalah sebagai berikut:
  • Suara terkenal menyerang "tdorr...rrr.."
  • Dada berwarna putih
  • Sebagian besar warna putih mulai dari perut ke bawah.
  • Postur fisik sekitar 14 cm.
  • Paruh hitam.

Itulah beberapa ciri-ciri umum mengenai ciblek kristal yang akhir-akhir ini menjadi perbincangan sebagian besar penghobi burung kicau. Semoba artikel yang kami share ini dapat bermanfaat buat sobat, khusus nya bisa menambah wawasan tentang ragam burung kicau di Indonesia.