Tips Perawatan Harian Ciblek Gunung

Advertisement
Advertisement
Dengan seringnya Ciblek Gunung menjadi juara di kontes burung, membuat banyak orang yang tertarik memiliki burung yang satu ini. Jika ditilik dari kualitas, burung ini memang terbilang mumpuni. Suara tembakannya yang khas dan tampilannya yang garang di lapangan membuat siapa pun yang melihatnya pasti terkesima.

Dengan adanya fenomena ini, harga jual burung jenis ini di pasaran pun semakin hari semakin melonjak tinggi. Tidak heran jika banyak orang yang rela meluangkan waktunya untuk berburu dan menangkap burung ini dari habitatnya.

ciblek gunung

Tapi terlepas dari itu. Baik itu burung hasil tangkapan atau pun hasil penangkaran, keduanya sama-sama memiliki kualitas yang baik, asalkan dirawat dan dilatih dengan baik pula. Kendati banyak orang yang bilang burung liar ini bagus, tapi jika rawatan harian Ciblek Gunung ini jelek, apakah burung ini masih bisa dikatakan bagus?

Tidak hanya burung ini saja, burung lain pun seperti Kenari, Pleci, Lovebird, Kacer, dan yang lainnya juga butuh perawatan dan pelatihan untuk membentuk kualitas dan performa yang dimilikinya. Kendati kualitas itu terlihat dan dimiliki sejak lahir, namun bila tidak diasah, kualitas itu pun akan meredup dan tumpul dengan terus berjalannya waktu.

Pola Perawatan Harian Ciblek Gunung
Jika Anda memiliki burung sejenis, berikut adalah pola perawatan yang bisa digunakan untuk mendongkrak performa dan kualitas burung:
1. Penjemuran harus dilakukan 2 – 3 jam per hari, bisa dimulai dari jam 7 – 10 pagi di tempat yang ideal dan terdapat sinar matahari.
2. Pemberian kroto segar dan bersih wajib diberikan sebanyak 2 sendok makan di pagi hari.
3. Di samping kroto, pemberian jangkrik kecil pun wajib dilakukan di pagi dan sore hari dengan jumlah 5 ekor untuk sekali pemberian.
4. Jangan lupa untuk sediakan voer lembut dan bersih pada cepuk.
5. Untuk proses mandi, bisa dilakukan di pagi dan sore hari. Namun jika burung sudah bisa mandi sendiri, Anda cukup sediakan keramba dan biarkan burung mandi sendiri sesuai waktu yang Ia inginkan.

Rawatan Harian untuk Ciblek Gunung yang Drop
Jika burung mendadak drop dan macet bunyi, rawatan harian berikut bisa Anda gunakan untuk memancing dan mengembalikan performa burung:
1. Tempatkan burung di area yang sejuk dan tenang sembari dikerodong.
2. Berikan EF berupa jangkrik dan kroto dengan porsi yang lebih, tapi tidak juga berlebihan dan menyebabkan OB.
3. Jauhkan burung sejenis yang lebih gacor dan bersuara lantang.
4. Untuk memancing performa burung, Anda bisa gunakan suara burung betina untuk memancing burung agar kembali berkicau dan kembali memiliki performa yang baik.

Perawatan harian untuk Ciblek Gunung haruslah terus dilakukan demi meningkatkan kualitas dan performa burung. Di samping itu, perawatan ini juga harus diimbangi dengan pemberian pakan dan asupan multivitamin yang cukup, agar burung lebih sehat dan lebih bertenaga saat di lapangan.