Kenapa Ciblek Gacor di Rumah, Namun Gembos di Lapangan?

Advertisement
Advertisement
Kontes Burung Ciblek memang menuntut pemilik untuk merawat dan melatih burung dengan semaksimal mungkin. Tujuannya, tentu saja agar saat burung tampil di arena kontes, burung tersebut memiliki performa yang baik, tangkas, dan mengesankan. Sehingga pemilik pun akan puas dan bangga dengan penampilan tersebut.

Namun kondisi yang berbeda akan terjadi tatkala burung sudah dilatih tapi tetap tidak memiliki performa yang baik. Yang paling parah, terkadang Ciblek gacor di rumah, namun gembos di lapangan. Hal ini tentu akan menjadi poin pertama yang harus diperhatikan pemilik.

ciblek gacor di rumah, ciblek gacor

Beragam analisa pun wajib dilakukan. Hal ini demi mengembalikan performa burung agar tidak jago kandang dan mlempem di arena. Dengan melakukan analisa ini, diharapkan pemilik mampu menemukan solusi dan memperbaiki kondisi burung agar lebih stabil dan mau berkicau, baik itu di rumah atau pun di lapangan.

Beragam Alasan Kenapa Burung yang Gacor Di Rumah, Namun Gembos Di Lapangan
Inilah beragam alasan yang bisa menjawab pertanyaan kenapa Ciblek gacor di rumah, namun gembos di lapangan?:

1. Mental burung yang tidak stabil
Mental yang kuat merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki burung petarung. Tanpa mental ini, burung bisa saja tampil baik, namun penampilan tersebut mungkin hanya berlaku di rumah saja. Sedangkan pada arena kontes burung akan cenderung diam tidak berdaya.

Untuk solusinya, lakukan pelatihan mental secara intens. Baiknya dilakukan 1 minggu sebelum pertarungan di arena kontes. Dengan cara ini, kondisi mental burung akan lebih kuat, stabil, dan tahan banting. Sehingga penampilannya di arena pun akan terkesan bagus, mampu berkicau dengan lugas tanpa canggung dengan lingkungan di sekitarnya.

2. Asupan EF yang kurang maksimal
Penyebab Ciblek gacor di rumah, namun gembos di lapangan lainnya adalah karena asupan EF yang diberikan tidak ideal. Biasanya, kondisi ini dipengaruhi oleh ketelodoran sang pemilik. Padahal, demi mendongkrak performa burung di arena, pemilik wajib memberikan asupan EF yang ideal, baik itu beberapa hari sebelum lomba, atau pun beberapa jam sebelum kontes dilangsungkan.

3. Birahi yang tidak stabil
Perlu Anda ingat. Performa burung tidak hanya bertumpu dari skill dan kemampuan saja, melainkan juga pada kestabilan birahi yang Ia miliki. Apabila kondisi birahinya stabil dan bagus, performa burung pastinya akan bagus. Namun begitu pun sebaliknya. Saat kondisi birahinya di bawah batas normal, performa burung pastilah tidak akan bagus pula.

Beberapa alasan kenapa Burung Ciblek gacor di rumah, namun gembos di lapangan di atas bisa Anda gunakan sebagai tolak ukur dari performa burung Anda. Jika burung Anda memiliki kondisi serupa, bisa jadi penyebabnya adalah beberapa hal seperti yang ada di  atas.