Terapi untuk Ciblek yang Bersuara Serak

Advertisement
Advertisement
Kondisi Ciblek yang bersuara serak memang kerap terjadi. Hal tersebut biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Bisa karena pemberian pakan yang sembarangan, terlalu lama dijemur, atau pun infeksi saluran pernapasan. Biasanya faktor inilah yang menyebabkan burung mengalami kondisi suara yang serak.

ciblek suara serak

Saat kondisi seperti ini burung cenderung lebih pendiam, lesu, dan memiliki suara yang serak. Jika terus dibiyarkan, bisa-bisa suara yang dimilikinya bisa hilang. Jika begitu, tentu saja burung akan tidak bisa lagi tampil dikontes atau pun menghibur Anda dengan suara merdunya.

Terapi untuk Burung Ciblek yang Bersuara Serak
Berikut adalah beberapa tips dan cara yang dilakukan untuk terapi burung yang serak:

1. Terapi untuk serak yang diakibatkan oleh salah pakan
Salah pakan adalah satu dari beberapa penyebab yang membuat burung jadi serak. Biasanya, saat burung mengonsumsi pakan yang sudah basi atau apek, Ia akan cenderung memiliki suara yang serak setelahnya. Namun kondisi ini juga bisa disembuhnya. Caranya, berikan Ia air putih yang cukup dan pakan yang bersih. Hindari pemberian pakan yang apek, apalagi yang kadaluarsa.

2. Terapi untuk serak yang diakibatkan karena infeksi saluran pernapasan
Saat saluran pernapasan burung mengalami infeksi, bisa jadi Ia juga akan memiliki suara yang serak. Saat sudah begini, maka cara terbaik adalah dengan menyembuhkannya. Caranya, berikan Ia berikan obat untuk infeksi bernapasan. Obat tersebut bisa Anda beli di toko burung terdekat di kota Anda. Memberikan obat tadi, Anda juga harus membersihkan dan merawat kebersihan dari sangkar burung itu sendiri.

3. Terapi untuk serak yang diakibatkan karena terlalu lama dijemur
Terapi untuk Ciblek yang bersuara serak ini biasanya dilakukan dengan cara mengurangi intensitas berjemur. Jika biasanya burung berjemur sekitar 2 jam, kali ini Ia hanya diperbolehkan berjemur selama 30 – 60 menit saja. Hal tersebut berguna untuk mengurangi dampak dari panas matahari yang membuat suara burung serak.

Di samping itu, kurangi juga asupan ulat hongkong. Jika Anda ingin memberikan makanan ekstra, cukup berikan kroto atau jangkrik saja. Jangan lupa berikan Ia multivitamin dan bersihkan peralatan pakan dan sangkarnya.

Itulah beberapa terapi yang bisa digunakan untuk mengatasi suara serak pada burung. Yang jelas, saat burung sudah dalam keadaan serak, ada baiknya Anda hindari pemberian ulat hongkong, penjemuran yang berlebih, dan pakan yang basi. Cara mengobati Ciblek yang bersuara serak juga bisa diimbangi dengan pemberian obat anti serak yang bisa Anda dapatkan di toko burung terdekat.