Cara Merawat Kepodang Agar Rajin Bunyi

Advertisement
Advertisement
Masih membahas seputar burung kepodang, ya kepodang termasuk burung kicau yang cukup mudah untuk dikenali, burung ini biasanya berwarna kuning keemasan, jadi terlihat sangat indah dan menawan. Siapa saja yang mendengar suara kepodang, bisanya berasa seperti berada di daerah perdesaan yang nuansanya masih alami, berbeda dengan daerah perkotaan yang sudah hingar bingar suara kendaraan.

Kepodang termasuk burung dengan suara yang nyaring dan merdu, serta dengan suaranya yang juga melengking menjadikan burung ini cukup banyak digemari oleh masyarakat pecinta burung kicau. Meski kepodang memiliki suara yang bagus, namun terkadang burung ini malas untuk berbunyi. Tentu hal ini ada penyebabnya, sehingga menjadikan sang pemilik berpikir lebih untuk menjadikan kepodang menjadi rajin berkicau.

cara merawat kepodang, merawat kepodang, kepodang

Pada umumnya, kepodang ketika sudah menjadi burung peliharaan di rumah terlihat kalem, tenang, santai. Hal ini berlawanan sekali ketika anda melihat kepodang di alam bebas, kepodang terlihat sangat giras, liar, bringas, dan agresif. Bahkan, tak jarang burung ini menjadi burung predator yang siap memangsa anakan burung kicau lain yang berada di sarang tanpa didampingi indukan.

Dikarenakan kepodang memiliki paruh yang cukup tebal, menjadikannya merasa berani dengan burung kicau lainnya, sehingga seringkali mengejar dan mengusir burung-burung kicau yang berada di dekat atau disekitarnya.

Jika kepodang sudah berada di tangan manusia, maka burung ini nampak seperti jinak, umumnya disebut sebagai burung pesolek karena keindahannya serta senangnya berbunyi. Namun ada satu hal yang menjadikan burung ini tiba-tiba tidak mau berbunyi, yaitu dikarenakan stres. Biasanya kepodang yang stres karena berasal dari tangkapan hutan ketika masih bakalan, sehingga diperlukan perawatan khusus agar kepodang ini bisa hidup normal tanpa masalah, sehingga senang untuk berbunyi.

Nah, pertanyaannya: bagaimanakah cara merawat kepodang agar rajin berbunyi? berikut adalah poin-poin penting perawatan kepodang agar senang berkicau:
  • Apabila kepodang baru dibeli, maka tempatkan di kandang dengan lokasi yang tenang dan sejuk.
  • Biarkan burung beradaptasi terlebih dahulu beberapa hari dengan lokasi sekitar, mulai dari lingkungan luar, dalam kandang (pakan, tangkringan, sangkar, minum, dll).
  • Beri kepodang pakan yang menyegarkan, yaitu buah-buahan segar yang manis, seperti: mangga, pepaya, dll.
  • Berikan pula pakan tambahan seperti: jangkrik dan ulat bambu tiap pagi dan sore hari secara rutin dengan porsi 1-2 ekor.
  • Sekali-kali beri juga ulat hongkong dengan tujuan agar burung menjadi lebih jinak dari sebelumnya.
  • Ketika pagi hari, coba digantang di tiang khusus penggantangan.
  • Setiap pagi dan sore lakukan pemandian dan penjemuran seperlunya,  pagi maksimal jam 10, dan sore maksimal jam 5.
  • Sore hari letakkan burung di bawah pepohonan yang rindang dan diperdengarkan suara burug master.
  • Malam hari, kerondingi dan masukkan dalam rumah, bisa juga dimaster hingga pagi (disesuaikan kondisi, jika sore sudah dimaster, maka tidak usah).
  • Tambahkan vitamin alami pendukung agar nutrisi terpenuhi.

Sekian beberapa tips-tips perawatan kepodang agar rajin bunyi, semoga bermanfaat buat sobat yang membaca artikel ini.