Cara Merawat Burung Kenari Yang Sudah Tua

Advertisement
Advertisement
Pada umumnya, burung kenari mampu hidup sampai umur sekitar 8 hingga 10 tahu. Namin ini bukanlah patokan yang pasti, karena banyak juga kenari yang hidup lebih dari 10 tahun. Nah, kenari yang umurnya berlebih ini sering kali dialami oleh kenari jantan, dan biasanya umur-umur segitu sudah sangat rentan terkena penyakit.

.Setelah mengetahui hal ini, tentu sebagai penangkar kenari akan berusaha untuk mencari tahu tips-tips perawatan khusus kenari yang berumur lanjut. Karena bagi sang penangkar, memiliki kenari yang berumur panjang merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Bagi yang benar-benar hobi burung kicau, burung kicau peliharaan sudah dianggap sebagai keluarga sendiri yang butuh perhatian dan harus dicukup dengan baik kebutuhannya (baca juga: suara kenari).

kenari tua

Sebenarnya, apa sih ciri-cirinya burung kenari yang sudah tua? kenari tua biasanya ditandai dengan paruhnya tumbuh agak panjang, begitu juga dengan kuku-kukunya. Kulitnya juga terlihat mengering, serta bagian kaki sudah bersisik. Apabila terdapat ciri-ciri tersebut, maka harus dilakukan penanganan secara khusus agar tidak menimbulkan akibat yang buruk bagi kesehatan, seperti: kenari kekurangan gizi, gangguan reproduksi, bulu kering rusak dan rontok, lumpuh, dan lain sebagainya.

Salah satu hal yang paling penting dalam perawatan burung kenari berusia tua adalah memberikan pakan yang baik dan secara teratur. Dengan perawatan tersebut, maka kemungikan resiko-resiko burung kekurangan gizi, nyilet, dll semakin kecil. Silahkan simak informasi lebih detail seputar perawatan kenari yang sudah berumur tua di bawah ini.
  • Jemur kenari setiap pagi hari secara rutin, ini disesuaikan dengan kondisi, kasimal 2 jam atau sampai pada jam 10 pagi.
  • Beri pakan favorit atau yang disukai burung kenari, yaitu biji-bijian.
  • Lebih bagus bila diberi pakan tambahan, seperti: dedaunan, sayur-sayuran (wortel, tomat, dll).
  • Berikan tulang sotong sebagai tambahan kalsium.
  • Cukupi kebutuhan nutrisinya dengan memberikan vitamin alami.
  • Setiap malam hingga pagi, lakukan pengerondongan.
Tips perawatan lainnya:
  • Jika didapati paruh dan kuku-kukunya nampak panjang, maka segera dipotong hingga terlihat wajar.
  • Bila kakinya sudah sangat bersisik, maka beri minyak sayur atau minyak khusus secara rutin, karena bila dibiarkan terus-menerus bisa menjadi sarang bakteri dan jamur.
  • Letakkan kenari di lingkungan yang tenang dan aman, dengan begitu kenari akan merasa lebih nyaman.

Itulah beberapa ulasan singkat seputar tips dan cara merawat kenari yang sudah tua, semoga sobat kenari mania bisa menerapkannya di rumah. Sehingga kenari tua kesayangan anda bisa hidup dengan senang.