Cara Merawat Ciblek Pada Musim Hujan

Advertisement
Advertisement
Burung Ciblek memang dipercaya mampu bertahan dari segala kondisi, termasuk saat musim hujan. Tapi perlu Anda ingat, kondisi burung juga ada batasnya. Tidak jarang burung memiliki kondisi kesehatan yang lemah karena efek dari musim hujan.

ciblek musim hujan

Bagaimana tidak, saat musim hujan sendiri kondisi cuaca jauh lebih dingin, tentu saja hal itu akan berdampak pada kesehatan burung. Tidak jarang burung mengalami flu karena musim hujan itu sendiri. Tapi tak bisa dipungkiri, flu dan beragam gangguan lainnya juga dapat dicegah dan diatasi dengan perawatan Ciblek pada musim hujan.

Ya, perawatan ini adalah salah satu dari beragam rangkaian perawatan yang sering diterapkan. Tujuan dari perawatan ini pun satu, yaitu agar kondisi burung tetap fit dan sehat kendati saat musim hujan. Kendati dengan perawatan biasa kesehatan burung tetap terjaga, tapi kondisi ini burung memerlukan perawatan khusus untuk membuat kesehatan tubuh lebih terjaga dan terhindari dari penyakit, khususnya flu dan beragam penyakit lain yang timbul karena musim hujan.

Metode Perawatan Ciblek Pada Musim Hujan
Untuk lebih jelasnya mengenai perawatan ini, berikut adalah ragam perawatan yang bisa Anda gunakan untuk merawat burung saat musim hujan:

1. Pastikan burung mendapatkan sinar matahari
Sinar matahari akan membuat burung menjadi lebih sehat dan segar. Memberikan perawatan berupa penjemuran adalah perkara wajib untuk semua pemilik burung. Namun, hal tersebut akan terasa sulit dilakukan saat musim hujan. Karena saat musim hujan sinar matahari umumnya langka, karena yang ada hanyalah kondisi mendung dan sedikit hujan rintik.

Tapi jika Anda menemui sinar matahari, ada baiknya untuk segera jemur burung Anda. Pasalnya, kegiatan ini akan membuat burung Anda jadi segar, sehat, dan udara lembab dalam sangkar burung pun akan hilang karena efek dari penjemuran tadi.

2. Pengerodongan sangkar
Perawatan Burung Ciblek pada musim hujan ini dilakukan untuk menghindarkan burung dari hembusan angin yang kencang dan udara dingin. Dengan mengerodong sangkar, kesehatan burung akan lebih terjaga karena tidak mendapat terpaan angin kencang dan udara dingin yang bisa membuatnya flu.

3. Penyemprotan sangkar
Penyemprotan desinfektan secara teratur akan membuat sangkar burung lebih steril dan terbebas dari bakteri atau virus yang dapat menyebabkan burung sakit. Cara ini pun sebaiknya dilakukan sebelum memasuki musim hujan. Karena dengan cara ini, kondisi kesehatan burung akan lebih terjamin.

4. Jagalah kebersihan kandang
Kendati sangkar dan kandang sudah disemprot dengan desinfektan, bukan berarti Anda dengan seenaknya malas membersihkan sangkar burung. Tapi sebaliknya, Anda juga harus tetap rajin untuk membersihkan dan merawat kebersihan sangkar. Jangan lupa, bersihkan juga peralatan burung, baik itu cepuk pakan, minum, atau pun keramba mandi.

Perlu dicatat, perawatan Ciblek saat musim hujan di atas juga harus disertai dengan pemberian pakan dan vitamin yang cukup. Hal itu dilakukan demi menjaga kesehatan dan asupan pakan burung saat musim hujan. Sedangkan untuk perawatan rutin, Anda juga tetap wajib melakukannya. Hanya saja, untuk perawatan mandi sendiri bisa disesuaikan, terkandung kondisi cuaca dan kesehatan burung.