Cara Merawat Bulu Ciblek Agar Tetap Bagus dan Indah

Advertisement
Advertisement
Cara merawat bulu Ciblek agar tetap bagus dan indah itu tidaklah sulit, bahkan cenderung mudah. Yang Anda butuhkan adalah ketelatenan dalam merawat burung itu sendiri. Ya, dalam merawat kesehatan dan kecantikan burung itu kuncinya cuma satu, yaitu perawatan yang rutin dan teratur.

Namun perawatan rutin dan teratur saja tidaklah cukup. Pasalnya, perawatan itu pun haruslah baik dan tentunya sesuai dengan anjuran para master burung. Karena jika perawatan burung tersebut baik, maka baik pula kualitas dan tampilan burungnya.

warna ciblek

Perawatan untuk burung ini sendiri sangatlah banyak. Namun, untuk mendapatkan tampilan yang keren dan maksimal, ada beberapa perawatan yang harus Anda terapkan. Umumnya, perawatan-perawatan tersebut adalah perawatan yang berguna untuk merawat dan mempercantik bulu burung.

Tips Merawat Bulu Ciblek Agar Tetap Bagus dan Indah
Berikut adalah beberaa tips dan trik yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kualitas bulu Ciblek dan bagus dan indah:

1. Perhatikan waktu berjemur
Waktu ideal untuk berjemur adalah pukul 7 sampai dengan 10 pagi. Waktu tersebut dinilai baik karena sinar matahari pada jam tersebut tidak terlalu panas. Dengan begitu, maka zat lilin yang menempel pada bulu burung pun tidak begitu saja menguap dan hilang.

Zat lilin pada burung sendiri akan hilang dan menipis dari beberapa hal, dan salah satu di antaranya adalah karena over penjemuran. Untuk itulah, sangat dianjurkan menjemur burung di bawah jam 10 pagi. Dan untuk durasi penjemuran pun juga dibatasi, yaitu 2 jam saja per harinya.

2. Rajin rajinlah memandikan Ciblek
Sama halnya dengan burung peliharaan yang lain, Ciblek pun perlu mandi untuk menjaga kondisi bulunya gar tetap sehat dan terawat. Kendati cara merawat bulu Ciblek ini terlihat sederhana, namun cara ini dinilai ampuh untuk mencegah perkembangan jamur, kutu, atau pun parasit lain yang dapat mengganggu kesehatan bulu burung yang satu ini.

3. Berikan pakan yang bergizi
Pakan yang bergizi tidak hanya berguna untuk menyehatkan tubuh burung, tapi juga bisa berguna untuk mempercantik bulu burung. Dengan asupan Extra Food (EF) yang bagus, seekor burung akan memiliki bulu yang lebih terawat dan sehat.

Adapun jenis EF yang dianjurkan adalah:
3.1 Jangkrik
3.2 Ulat hongkong
3.3 Kroto
3.4 Capung
3.5 Dan serangga kecil lainnya

Jika dilihat dari cara merawat bulu Ciblek agar bagus dan indah seperti di atas, Anda pastilah bisa membayangkan betapa mudahnya merawat bulu burung yang satu ini, iya kan? Tapi perlu diingat, perawatan untuk kecantikan bulu burung ini haruslah dilakukan secara rutin dan tertur agar hasilnya bagus dan lebih maksimal.