Cara Mudah Menjodohkan Burung Ciblek

Advertisement
Advertisement
Banyak orang yang bilang kalau cara menjodohkan Burung Ciblek itu gampang-gampang sulit. Padahal jika dilihat dari praktik di lapangan, cara ini sebenarnya mudah. Yang terpenting, bagaimana cara dan trik yang Anda lakukan untuk menjodohkan pasangan burung yang satu ini.


Cara untuk melakukan hal ini pun tidak hanya satu, melainkan banyak. Namun, salah satu trik yang paling banyak digunakan adalah pendekatan. Ya, sama halnya dengan manusia. Burung selaku makhluk hidup juga perlu melakukan pendekatan, khususnya untuk menggaet pasangan hidupnya.

Cara ini pun terbilang mudah dan praktis. Pasalnya, Anda hanya perlu meletakan dua ekor burung, jantan dan betina dalam sebuah tempat yang sama, namun dengan sangkar yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, mari caranya di bawah sini.

Cara Menjodohkan Burung Ciblek yang Paling Mudah dan Praktis
Berikut adalah rangkaian cara yang bisa dilakukan untuk menjodohkan burung jantan dan betina dengan mudah dan praktis:
1. Pertama, siapkan 2 buah sangkar khusus untuk media penjodohan.
2. Selanjutnya, masukan indukan betina ke salah satu sangkar, dan indukan jantan ke sangkar lainnya.
3. Atur jarak antar sangkar, jangan terlalu dekat dan jangan sampai kedua indukan ini saling melihat. Namun, pastikan keduanya mendengar kicauan satu sama lain.
4. Rawatlah kedua indukan tersebut dengan perawatan rutin seperti biasa.
5. Jika indukan sudah saling membalas kicauan, dekatkan kedua sangkar tersebut, idealnya 2 – 3 meter.
6. Berikutnya, cara mudah menjodohkan Burung Ciblek ini pun dilanjutkan dengan memasukan bahan untuk sarang burung ke sangkar sang betina.
7. Ingat, jangan dulu mencampurkan kedua indukan ini. Tunggulah sampai indukan betina siap kawin dan merangkai sarang untuk persiapan bertelur.
8. Jika betina sudah siap kawin dan merangkai sarangnya, pindahkan sang jantan ke sangkar betina.
9. Biarkan keduanya melakukan pendekatan seharian penuh.
10. Setelah masuk petang, atau tepatnya jam 6 sore, pisahkan kedua burung ini dan biarkan mereka beristirahat.
11. Keesokan harinya, pindahkan lagi sang jantan dan biarkan mereka melakukan pendekatan kembali.
12. Jika berjodoh, kedua burung ini akan segera kawin dan selang beberapa hari atau minggu, betina pun akan segera bertelur.

Itulah tadi cara mudah menjodohkan Ciblek. Kendati mudah, satu hal yang harus Anda perhatikan, yaitu pemeriksaan. Lakukan pemeriksaan setiap hari, dari awal penjodohan sampai proses kawin. Dengan cara ini, penjodohan akan lebih efektif karena selalu Anda awasi dengan baik.