Cara Mengobati Penyakit Kulit, Koreng pada Ciblek

Advertisement
Advertisement
Cara mengobati penyakit kulit, koreng pada Ciblek memang jarang dilakukan dan diketahui orang banyak. Hal ini karena penyakit atau korang sendiri jarang ditemui di beberapa jenis burung, terlebih lagi burung yang satu ini. Kalaupun ada, koreng atau penyakit tersebut hanyalah berbentuk sayatan kecil akibat goresan benda-benda dalam sangkar atau bekas gigitan kutu pada bulit burung.

Kondisi ini memang terbilang ringan, sehingga banyak orang yang mengacuhkan hal yang satu ini. Namun selayaknya pemilik yang baik, kondisi juga harus Anda tangani dengan sebaik-baiknya. Agar burung terlihat lebih sempur, baik dalam hal penampilan, kesehatan, atau pun performa.

ciblek sakit kulit, ciblek koreng

Cara Mencegah Penyakit Kulit seperti Koreng pada Ciblek
Berikut adalah beberapa cara yang wajib dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit kulit atau koreng pada Ciblek:

1. Bersihkan tubuh burung secara rutin
Membersihkan tubuh burung baiknya dilakukan dengan proses mandi rutin. Dengan cara ini, perkembang biakan kutu atau tungau pada bulu akan lebih terminimalisir. Dengan begitu, resiko penyakit kulit atau koreng akibat kutu pun jadi lebih berkurang.

2. Jaga kebersihan sangkar
Kebersihan sangkar juga berengaruh dengan perkembang biakan kutu atau tungau. Semakin bersih sangkar yang didiami burung, semakin kecil pula potensi perkembangan kutu atau tungau tersebut. Dengan begitu, maka potensi terkena koreng akibat gigitan kutu pun akan lebih terminimalisir.

3. Hindari penggunaan benda tajam
Cara mencegah penyakit kulit atau koreng pada Ciblek ini baiknya dilakukan untuk setiap burung. Hal ini demi menjaga keamanan dan kesehatan dari burung itu sendiri. Semakin banyak peralatan berbau tajan yang digunakan, semakin tinggi pula resiko terkena koreng.

4. Bersihkan tubuh burung dengan sampo khusus
Sampo ini biasanya mudah didapat di toko burung. Dengan pemberian sampo ini pada setiap proses mandi, diharapkan kesehatan kulit burung lebih terjaga, dan resiko terkena penyakit kulit pun akan semakin kecil dan sedikit
.
Cara Mengobati Penyakit Korengan pada Burung Ciblek
Jika burung sudah terlanjur memiliki koreng akibat penyakit kulit, beberapa cara berikut bisa Anda lakukan untuk menangani kondisi seperti ini:
1. Pertama, pindahkan burung ke sangkar khusus karantina.
2. Setelah itu bersihkan luka atau koreng tadi dengan antiseptik untuk membunuh kuman yang terdapat pada koreng.
3. Berikan Betadin atau obat merah pada bagian tubuh yang terdapat koreng.
4. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan multivitamin dan pakan yang cukup.
5. Biarkan burung dirawat dan bersitirahat pada sangkar karantina sampai kondisinya benar-benar pulih.

Itulah tadi perawatan penyakit kulit atau koreng pada Ciblek. Dengan melakukan perawatan tersebut, diharapkan kondisi kesehatan burung dapat lebih terjaga dan kondisi koreng atau penyakit kulit pun bisa dengan mudah teratasi.