Cara Mengobati Ciblek Mencret, Diare, dan Berak Kapur

Advertisement
Advertisement
Kesehatan pencernaan Burung Ciblek  tidaklah selalu baik. Ada kalanya Ia menderita penyakit pencernaan, seperti mencret, diare, bahkan yang terparah ialah berak kapur. Jika sudah begini, maka yang pertama kali direpotkan adalah Anda selaku pemilik burung.

Untuk menangani hal ini, ada beragam cara mengobati Ciblek mencret, diare, dan berak kapur yang bisa Anda terapkan untuk menangani kondisi burung yang serupa. Biasanya, cara-cara ini digunakan untuk kondisi burung yang masih dalam tingkat kewajaran. Tapi bila kondisi burung sudah dinilai parah dan melewati batas kewajaran, maka pilihan alternatifnya adalah dengan membawanya ke dokter hewan.

ciblek mencret, ciblek diare, ciblek berak kapur

Di sana mereka akan diberikan perawatan dan penanganan khusus supaya kondisinya membaik dan kondisi penyakitnya pun hilang. Tapi itu tadi. Di beberapa kota pastilah sangat sulit menemukan dokter hewan. Meskipun ada, mungkin jumlahnya pun bisa dihitung dengan hitungan jari saja. Sehingga alternatif perawatan pun bertumpu di perawatan mandiri alias perawatan seadaanya.

Cara Mengobati Burung Ciblek yang Mencret, Diare, dan Berak Kapur
Berikut adalah beragam cara yang harus dilakukan untuk menyembuhkan kondisi burung yang mencret, diare, dan berak kapur:

1. Rajin-rajinlah bersihkan sangkar atau kandang
Sanitasi yang buruk merupakan penyebab utama dari penyakit ini. Perkembangan bakteri penyebab diare akan tumbuh dan berkembang dengan cepat pada lingkungan yang kotor, termasuk sangkar yang jarang dibersihkan.

Untuk itu, demi mencegah kondisi bertambah parah, hal terbaik yang harus dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan sangkar dan segala perangkat yang ada di dalamnya, termasuk cepuk keramba, tangkringan, atau pun yang lainnya. Dengan cara ini, perkembangan bakteri penyebab diare akan mudah dicegah. Dengan begitu, penyakit diare pun akan dapat diatasi dengan gampang.

2. Berikan pakan yang berkualitas
Kendati cara mengobati Ciblek yang diare ini terdengar aneh dan tidak masuk akal, namun cara ini dinilai ampuh untuk mencegah timbulnya penyakit diare susulan. Dengan memberikan pakan yang bersih dan berkualitas, kondisi kesehatan pencernaan burung akan lebih terjaga dan diare pun akan terhindarkan.

3. Karantina burung yang sedang mencret, diare, dan berak kapur
Cara ini sangatlah efektif untuk menekan penuluran penyakit ini pada burung sejenis. Selain itu, dengan menerapkan hal ini, diharapkan burung lebih intens dalam menerima pengobatan dan penanganan terhadap penyakit yang Ia derita.

4. Berikan obat diare pada burung
Pemberian obat ini akan meningkatkan efektivitas penyembuhan untuk penyakit ini. Dengan pemberian rutin yang diimbangi dengan perawatan intensif, diharapkan burung akan lebih cepat sembuh dan kembali pada kondisi normal.

Disamping menerapkan cara mengobati Ciblek yang mencret, diare, dan berak kapur di atas, Anda pun wajib menerapkan perawatan harian sebagai mana mestinya, seperti pemberian pakan, mandi, berjemur, atau pun yang lainnya. Namun karena kondisi burung sedang dalam masa penyembuhan, perawatan harian pun bisa disesuaikan dengan kondisi dan keadaan burung.