Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi Dengan Mudah, Cepat, dan Aman

Advertisement
Advertisement
Sebagai orang tua, tentu kita merasa turut merasa sangat kasihan bila bayi kesayangan kita mengalami cegukan. Karena kita sebagai orang dewasa terkadang merasa risih dan terganggu bila sedang mengalami cegukan, apalagi bayi yang usianya masih jauh dibawah umur. Mengatasi cegukan untuk orang dewasa sih cukup mudah, namun berbeda halnya dengan bayi, bagi orang tua yang belum tahu pasti merasa kebingungan akan hal tersebut, takut bahaya.

bayi cegukan

Cegukan merupakan sebuah gangguan yang tidak nyaman bagi orang dewasa, dan bila terjadi pada bayi dan dibiarkan saja tanpa penanganan yang cepat bisa mengakibatkan batuk-batuk, rewel, nangis, bahkan sampai muntah-muntah. Maka dari itu, perlu pengetahuan lebih dalam mengenai cara menghilangkan cegukan.

Cara Mengatasi Bayi yang Cegukan
Adapun cara yang mudah untuk mengatasi bayi cegukan, silahkan simak informasinya di bawah ini.

1. Gosok Punggung
Pertama coba tenangkan terbelih dahulu, sambil digosok-gosok dengan lembut di bagian punggungnya. Terus gosok hingga sang bayi merasakan kenyamanan dan sampai cegukan benar-benar hilang.

2. Hentikan Pemberian Makan
Ketika sang bayi cegukan, hentikan pemberian makanan apapun, termasuk juga berhenti menyusuinya. Tunggu sampai cegukan hilang, baru menyusui bisa dilanjutkan. Hal ini dilakukan agar sang bayi tidak sampai muntah-muntah, rewel, dan nangis.

3. Bersendawa
Bersendawa bermanfaat untuk mengurangi otot kaku di bagian diafragma. Apabila sang bayi bersendawa, maka janganlah khawatir, karena gas udara keluar dari perutnya.

Banyak yang khawatir dan mempertanyakan masalah cegukan ini, apakah cegukan pada bayi itu normal atau tidak? Ya, ketika bayi masih berusia sekitar 3 bulan memang sering kali cegukan, ini dikarenakan matangnya fungsi syaraf-syaraf di bagian diafragma sang bayi. Seiring bertambahnya usia sang bayi, maka cegukan semakin berkurang dan jarang dialami.

Demikianlah sedikit tips menangani masalah cegukan pada bayi, semoga ibu-ibu dirumah bisa mencoba menerapkan tips ini dan berhasil dengan baik. Tips tersebut kami ambil dari berbagai sumber terpercaya.