Cara Mengatasi Kaki Bengkak pada Ciblek

Advertisement
Advertisement
Kaki Ciblek memang dikenal keras, kering, dan terlihat kuat. Namun, karena satu dan lain hal, kaki ini pun bisa saja mengalami gangguan kesehatan, seperti terlalu kering, lemas, atau pun bengkak. Selain mengganggu penampilan, hal ini juga akan berpengaruh pada performa burung. Karena dengan hal ini, burung akan cenderung jadi pendiam dan kondisi kakinya pun akan terlihat pincang.

kaki ciblek bengkak

Berbagai cara pun bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini. Baik itu dengan perawatan mandiri atau pun tenaga medis, keduanya sama-sama memiliki manfaat untuk kesembuhan burung. Tapi, jika kondisi terjadi dan Anda kesulitan untuk mencari dokter hewan, cara terbaik adalah dengan menanganan kondisi secara mandiri.

Cara Mengatasi Burung Ciblek yang Kakinya Bengkak
Cara mengatasi kaki bengkak pada burung sendiri dibedakan menurut penyebabnya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaki burung yang bengkak:

1. Kaki bengkak akibat tangkringan yang tidak ideal
Perlu Anda ketahui. Tidak semua penyebab kaki bengkak pada burung adalah karena serangga atau pun sejenisnya. Namun, tangkringan pun bisa menyebabkan kaki burung jadi bengkak, bahkan jika terus dibiarkan, kondisi ini juga bisa menyebabkan kaki burung jadi pincang permanen.

Solusinya, ganti tangkringan tersebut dengan tangkringan yang lebih ideal, nyaman, dan sesuai dengan ukuran kaki burung. Untuk mengurangi kebengkakan, Anda bisa menggunakan air hangat untuk merendam kaki burung yang bengkak. Cara mengatasi kaki bengkak pada Ciblek ini baiknya dilakukan rutin, minimal 2 kali dalam sehari.

2. Kaki bengkak akibat gigitan serangga
Selain karena tangkringan yang tidak ideal, kaki bengkak juga bisa disebabkan karena gigitan serangga, seperti semut, nyamuk, atau pun serangga sejenis. Jika sudah seperti ini, maka cara terbaik adalah dengan memindahkan sangkar burung ke tempat yang lebih ideal, jauh dari gangguan serangga, terlebih semut dan nyamuk.

Sedangkan untuk mengurangi kebengkakan kaki yang dialami burung, berikut caranya:
2.1. Pertama, siapkan segelas air hangat. Tidak terlalu atau pun terlalu dingin.
2.2. Setelah itu, pegang  burung yang kakinya bengkak dengan perlahan dan serileks mungkin.
2.3. Selanjutnya, celupkan kaki burung pada air hangat tadi secara perlahan.
2.4. Lakukan cara ini berulang kali, setidaknya sampai 5 menit tiap treatment.

Itulah tadi cara mengatasi kaki bengkak pada Burung Ciblek. Cara-cara di atas baiknya dilakukan saat kaki burung ini tidak terlalu bengkak. Namun, jika kondisi kengekakan kaki burung sudah parah, ada baiknya untuk dibawa ke dokter hewan terdekat untuk dilakukan penanganan lebih lawnjut.