Cara Mengatasi Coblek yang Botak

Advertisement
Advertisement
Cara mengatasi kebotakan pada Ciblek sejatinya bisa dilakukan oleh siapa pun, termasuk pemula yang masih belum paham seluk beluk tentang burung ini. Tapi perlu diingat. Penanganan ini haruslah dilakukan dengan cara yang tepat dan sesuai anjuran. Tujuannya, agar kebotakan tersebut dapat diatasi secara cepat dan maksimal.

ciblek botak

Ada beragam metode yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebotakan burung. Beberapa di antaranya menggunakan bahan dan obat kimia, dan sebagian lainnya menggunakan bahan alam, seperti minyak kemiri dan lidah buaya. Kedua metode ini sebenarnya sama-sama bagus. Tapi, alangkah bagus jika menggunakan metode alami.

Cara mengatasi Kebotakan pada Ciblek dengan Metode Alami
Di bawah ini ialah perawatan alami yang bisa dilakukan demi mengatasi kebotakan yang terjadi pada burung:

Metode minyak kemiri
Minyak kemiri sendiri diyakini memiliki beragam nutrisi, seperti zat besi, protein, dan beragam nutrisi lainnya yang dibutuhkan untuk menutrisi bulu. Dengan kandungan seperti itu, minyak kemiri pun diyakini ampuh untuk mengatasi kebotakan pada burung.

Adapun untuk perawatan dengan minyak kemiri sendiri ialah:
1. Pertama, siapkan minyak kemiri dan sikat halus.
2. Setelah itu, tangkap burung secara lembut dan tenang. Pastikan kondisi burung tetap rileks dan tenang saat proses terapi.
3. Celupkan sikat halus ke air hangat, lalu usapkan ke bagian tubuh burung yang mengalami kebotakan.
4. Kemudian keringkan. Lanjutkan cara mengatasi kebotakan pada Burung Ciblek ini dengan mengoleskan minyak kemiri pada bagian tubuh yang botak.
5. Lakukan cara ini secara rutin, setidaknya hingga 6 – 7 hari.

Metode lidah buaya
Selain minyak kemiri, lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang juga ampuh untuk mengatasi kebotakan pada burung. Dengan perawatan yang rutin dan teratur, kebotakan pada burung pun akan dapat teratasi dengan cepat dan efektif. Jangan khawatir tentang metode yang diterapkan. Karena metode perawatan yang satu ini dijamin mudah dan bisa dilakukan oleh semua kalangan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah metode lidah buaya yang dimaksud:
1. Pertama, siapkan sehelai lidah buaya.
2. Kemudian ambil dagingnya yang berbentuk gel.
3. Oleskan daging lidah buaya tersebut ke tubuh burung yang mengalami kebotakan.
4. Lakukan cara ini secara teratur, minimal 6 – 7 hari perawatan.

Itulah tadi ragam cara mengatasi kebotakan pada Burung Ciblek secara alami. Cara-cara di atas bisa diterapkan langsung untuk burung kesayangan Anda. Namun, untuk mempercepat pertumbuhan bulu, pastikan asupan protein dan zat besi burung terjaga dengan baik.