Cara Mengatasi Ciblek yang Nyilet (kurus kering)

Advertisement
Advertisement
Cara mengatasi Ciblek yang nyilet (kurus kering) merupakan hal yang sering diperbincangkan saat ini. Hal tersebut dikarenakan munculnya fenomena penurunan berat badan yang kerap dialami burung. Kendati perkara yang wajar, namun bila terus dibiarkan, hal ini justru akan berpengaruh pada kesehatan dan performa burung.

Nyilet sendiri merupakan kondisi terparah dari burung yang mengalami penurunan berat badan. Cirinya, burung terlihat kurus, tidak berbaya, dan terkulai lemas dalam sangkar. Hal ini tentu mengkhawatirkan pemilik. Namun untuk mengatasinya ada beragam cara yang bisa dilakukan.

ciblek nyilet, kurus kering

Ciri-Ciri Ciblek yang Nyilet (kurus kering)
Di bawah ini merupakan ciri yang bisa digunakan sebagai indikasi dari kondisi burung yang sedang nyilet atau kurus:
1. Tubuh burung terkesan lemas dan tidak berdaya.
2. Dalam kondisi terparah, burung bisa saja terkulai lemas di bawah sangkar.
3. Nafsu makan menurun, bahkan hilang saat sudah dalam kondisi yang parah.
4. Mata burung akan terlihat sayu dan pandangannya pun kosong.
5. Bulu akan terlihat kusam dan tidak terawat.
6. Yang paling jelas, kondisi berat badan burung akan turun drastis, sehingga tampilan burung jadi lebih kurus dan tidak terawat.

Penyebab Nyilet pada Burung
Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan kondisi nyilet ini terjadi:
1. Pemberian pakan yang tidak ideal, baik itu menyangkut kualitas atau pun kuantitas.
2. Sanitasi yang buruk, khususnya kebersihan di area sangkar.
3. Perawatan yang sembarang dan terkesan asal-asalan.

Cara Mengatasi Ciblek yang Berdada Nyilet
Di bawah ini adalah tata cara yang harus dilakukan untuk memperbaiki kondisi burung yang menderita nyilet:

1. Perbaiki pola perawatan
Pola perawatan yang buruk diyakini sebagai penyebab utama dari gangguan kesehatan yang satu ini. Namun dengan perawatan yang baik, kondisi ini dapat diatasi dan ditangani dengan baik, sehingga kondisi burung pun akan jadi lebih sehat dan bugar.

2. Perbaiki kualitas dan kuantitas pakan
Di samping pola perawatan yang salah, pemberian pakan juga memiliki andil dalam terjadi masalah ini. Pemberian pakan yang kurang berkualitas dan minim kuantitas membuat burung mengalami nyilet. Untuk menanganinya, berikan asupan pakan dengan jumlah dan kualitas yang ideal untuk burung.

3. Berikan asupan multivitamin yang cukup
Cara mengatasi Ciblek ang nyilet ini merupakan cara yang wajib dilakukan, terlebih lagi jika kondisi nyilet ini sudah sedemikian parah. Dengan pemberian multivitamin ini, diharapkan burung akan memiliki kondisi yang lebih stabil, sehat, dan pastinya lebih bugar.

4. Jaga kebersihan sangkar
Menjaga kebersihan sangkar merupakan kunci untuk mencegah kondisi terparah dari nyilet. Saat kebersihan sangkar sudah terjaga, perkembangan bakteri akan jadi lebih lambat dan kondisi terparah dari nyilet pun akan lebih mudah terhindarkan.

5. Rujuklah ke dokter hewan
Apabila burung sudah dalam kondisi terparah, pilihan yang paling bijak yang harus diambil adalah membawanya ke dokter hewan. Di sana burung akan ditangani dengan cara yang lebih efektif dan sesuai dengan kaidah kesehatan yang berlaku. Dengan begitu, kondisi kesehatan burung pun akan lebih terjamin.

Itulah beberapa cara mengatasi Ciblek nyilet yang bisa Anda terapkan untuk kondisi burung yang serupa. Dengan cara-cara di atas, diharapkan kondisi nyilet pada burung akan lebih mudah tertangani dan kondisi burung pun akan lebih baik dan berangsur pulih.