Cara Mengatasi Burung Ciblek yang Sakit Mata

Advertisement
Advertisement
Kondisi kesehatan Burung Ciblek memang prioritas utama selain performanya. Untuk itu, pemilik diwajibkan merawat dan mencegah segala penyakit yang bisa menyerang burung ini, termasuk penyakit mata. Kendati ringan, namun penyakit ini bisa membahayakan performa burung. Maka dari itu, harus dicegah dan ditangani sedini mungkin.

ciblek sakit mata

Cara mengatasi Ciblek sakit mata pun harus dilakukan dengan teratur dan sesuai anjuran. Tujuannya, agar metode ini berjalan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga burung pun kembali sembuh dan memiliki kondisi kesehatan yang seperti semula.

Tapi perlu diingat. Perawatan dan penanganan saja tidak cukup. Pasalnya, perawatan sendiri harus tetap diberikan saat dan setelah proses penyembuhan ini berlangsung. Alasannya, dengan cara ini burung akan mendapatkan kesehatan yang kembali membaik, stamina yang kembali pulih, dan performa yang bisa kembali diasah.

Ragam Perawatan untuk Mengatasi Burung Ciblek yang Sakit Mata
Berikut adalah beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan saat dan sesudah burung menderita sakit mata:

Perawatan saat burung sakit mata
Perawatan ini adalah perawatan yang dianjurkan untuk diterapkan, khususnya saat burung sudah mengalami gejala dan ciri sakit mata. Dengan perawatan ini, kesehatan burung akan semakin membaik dan gejala sakit mata pun akan berkurang.

Adapun cara atau metode yang harus diterapkan dalam perawatan ini adalah:
1. Pisahkan burung dari kawanannya, itu kalau Anda memelihara burung lebih dari satu.
2. Selanjutnya, tempatkan burung di dalam ruangan sembari dikerodong.
3. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan sangkar. Bila perlu semprotkan desinfektan pada sangkar tersebut.
4. Cara mengatasi Ciblek yang sakit mata ini juga bisa menggunakan salep mata khusus burung, minimal 3 kali sehari untuk mengatasi gejala sakit mata yang diderita burung.
5.  Jangan lupa untuk memberikan perawatan rutin, kecuali proses penjemuran.
6. Apabila penyakit ini sudah sembuh, gejala akan hilang saat sudah memasuki 2 minggu perawatan. Tapi jika tidak, bawalah burung tersebut ke dokter untuk dilakukan perawatan yang lebih lengkap.

Perawatan setelah sakit mata
Perawatan ini baiknya dilakukan setelah gejala sakit mata sepenuhnya hilang. Tapi jika gejala tersebut masih ada, rawatlah burung dengan perawatan seperti di atas. Dan teruslah lakukan perawatan tersebut sampai burung mendapatkan kesembuhannya.

Tapi, jika kondisi burung membaik, cara mengatasi Burung Ciblek yang sakit mata bisa dilanjutkan dengan perawatan harian yang disesuaikan seperti berikut:
1. Berikan asupan pakan yang cukup untuk burung, baik itu pakan pokok atau pun EF.
2. Hindari dulu penjemuran selama kondisi burung belum benar-benar fit. Tapi jika sudah fit, lakukan penjemuran maksimal 30 menit per hari dulu. Baru kemudian ditambah secara bertahap sampai maksimal 2 jam per hari.
3. Pastikan pemberian vitamin terus dilakukan agar kondisi jadi sehat dan kembali pulih.
4. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan sangkar dan tubuh burung.
5. Jika kondisi burung sudah membaik dan sudah aktif seperti dulu lagi, Anda bisa memulai perawatan harian sebagai mana mestinya.

Pada dasarnya, cara mengatasi Ciblek sakit mata seperti di atas hanyalah dilakukan untuk penyakit dengan tingkat keparahan yang rendah. Artinya, jika kondisi kesehatan burung memang tidak memungkinkan lagi untuk dirawat sendiri, sangat dianjurkan untuk membawanya ke dokter hewan untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.