Cara Mengatasi Ciblek Kegemukan (Obesitas)

Advertisement
Advertisement
Membicarakan cara mengatasi Ciblek kegemukan memang terkesan tabu dan aneh untuk dibicarakan. Namun hal ini pada kenyataannya harus tetap dilakukan, apalagi mengingat banyaknya pemilik burung bingung dengan kondisi peliharaannya yang bertubuh gemuk dan cenderung menderita obesitas.

Perlu Anda ketahui. Burung merupakan hewan yang membutuhkan asupan nutrisi yang lebih untuk tetap tumbuh dan berkembang dengan baik. Nutrisi tersebut sejatinya didapat dari asupakan pakan yang diberikan pemilik. Dengan kata lain, saat burung menderita obesitas, asupan pakan yang diberikan pastilah berlebihan dan di luar batas normal.

ciblek kegemukan, ciblek obesitas

Apakah hal ini berbahaya? Tentu jelas berbahaya, terlebih lagi untuk kesehatan dan performa burung. Maka dari itu, cara mengatasi Ciblek kegemukan pun wajib diterapkan apabila Anda sudah melihat indikasi kalau burung yang Anda miliki menderita obesitas.

Ciri Burung yang Menderita Obesitas atau Kegemukan
Berikut adalah beragam ciri yang bisa Anda kenali dari seekor burung yang menderita obesitas:

1. Badan yang terlihat lebih besar
Ciri ini merupakan ciri yang mudah dikenali. Kendati pertumbuhan burung dinilai cepat, namun pertumbuhan burung juga memiliki batas wajar. Jadi, bila melihat tubuh burung di luar batas wajar, segeralah lakukan penanganan yang tepat.

2. Malas berkicau dan bergerak
Ciri ini merupakan imbas dari ciri nomor satu. Dengan kata lain, saat burung sudah memiliki ciri yang satu ini, maka kondisi obesitas yang dialami sudah menginjak ke taraf yang berbahaya dan harus ditangani dengan segera.

Cara Mengatasi Burung Ciblek yang Kegemukan (Obesitas)
Jika kedua indikasi di atas sudah terlihat, maka cara berikut wajib dilakukan untuk menangani kondisi yang satu ini:

1. Kurangi asupan pakan, khususnya yang berprotein
Memberikan asupan pakan yang berprotein dan berlemak memang tepat. Tapi jika pemberiannya tidak ideal dan terkesan di atas ambang normal, hal ini justru akan mengakibatkan burung jadi kegemukan dan menderita obesitas.

Alternatifnya adalah, kurangi asupan pakan, khusus yang berlemak dan berprotein tinggi. Disamping itu, biasakan burung untuk memakan sayur dan buah. Kendati sulit, jika terus dilatih, burung akan terbiasa dengan sendirinya.

2. Perbanyak proses mandi dan penjemuran
Mandi ialah proses yang berguna untuk menyegarkan tubuh. Sedangkan Penjemuran sendiri merupakan cara terbaik mengatasi Ciblek yang kegemukan. Alasannya, dengan melakukan penjemuran, khususnya di waktu-waktu ideal, lemak dalam tubuh akan terbakar dan berkurang, sehingga kegemukan pun dapat ditangani dengan lebih efektif dan cepat.

3. Gunakan sangkar yang lebih besar
Cara ini merupakan cara terakhir setelah menerapkan cara-cara di atas. Saat burung sudah mau untuk bergerak, tempatkan Ia di tempat yang lebih luas dan lapang. Penempatan burung di kandang umbaran pun bisa dijadikan solusi untuk mengurangi tumpukan lemak yang tertimbun dalam tubuh burung.

3 metode di atas merupakan cara mengatasi Ciblek kegemukan (obesitas) yang bisa diterapkan pada burung dengan kondisi serupa. Tapi Anda juga harus ingat. Disamping memberikan perawatan di atas, Anda pun wajib memberikan asupan multivitamin agar kesehatan burung lebih terjaga.