Cara Menangkar Ciblek di Sangkar Harian dan Berhasil

Advertisement
Advertisement
Cara menangkar Ciblek memang umumnya dilakukan di kandang yang besar, luas, dan pastinya permanen. Dengan cara ini, burung akan lebih mudah berkembang biak dan menghasilkan anakan yang berlimpah. Tapi, bagaimana jika Kita tidak punya lahan untuk membuat sangkar dengan ukuran yang besar dan luas?

Jika kondisi Anda demikian, Anda bisa menggunakan sangkar harian sebagai media menangkar burung yang satu ini. Kendati tidak masuk akal dan cenderung aneh, nyatanya ada beberapa peternak yang melakukan cara. Dan hebatnya lagi, beberapa dari peternak tersebut sukses, bahkan ada yang bisa membuat peternakan besar dengan cara ini.

ciblek harian

Keunggulan Cara Menangkar Ciblek di Sangkar Harian
Jika Anda menanyakan tentang kelebihan dan keunggulan dari teknik ini, berikut adalah beberapa keunggulan yang bisa di dapat dari menangkar burung di sangkar harian:

1. Lebih irit tempat
Ukuran sangkar harian hanyalah berkisar sekitar 35 x 35 cm2. Dengan luas sangkar yang hanya segitu, jelas saja jika cara ini lebih irit tempat dan lahan.

2. Penempatan yang fleksibel
Karena ukuran sangkar hanyalah berkisar sekitar 35 cm2, maka sangkar pun bisa dipindahkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Kita selaku pemilik.

3. Perawatan yang mudah
Jika biasanya Anda harus membersihkan dan merawat kebersihan sangkar, namun berbeda dengan sangkar yang satu ini. Pasalnya, pembersihan sangkar ini cenderung lebih mudah dan gampang. Tidak perlu mencuci. Asalkan bersih dari kotoran, sangkar ini pun sudah bisa digunakan untuk burung.

Tata Cara Menangkar Ciblek di Sangkar Harian
Berikut adalah rangkaian cara dari menangkar burung di sangkar harian yang harus diterapkan:
1. Pertama, siapkan sangkar dengan ukuran 35 cm2.
2. Siapkan pula 2 ekor burung, masing-masing ialah jantan dan betina dengan usia yang matang.
3. Jangan lupa untuk menyiapkan sarang dari jerami yang ditempatkan di atas sangkar.
4. Peletakan sangkar sendiri baiknya di tempat yang tinggi dan tidak terjangkau oleh hewan dan bebas dari aktivitas manusia.
5. Usahakan untuk tidak memindahkan sangkar. Hal itu akan membuat burung stres karena harus membiasakan diri dengan tempat-tempat baru.
6. Jika penangkaran ini berhasil, beberapa minggu kemudian burung akan bertelur dan menetaskan anak.
7. Jika sudah menetas dan usia anakan sudah meninjak 15 hari, segera pindahkan anakan tersebut dari indukan. Tujuannya, agar indukan tersebut dapat bertelur lagi setelah 2 – 3 minggu.

Kendati cara ini jarang digunakan, namun beberapa orang sukses membuktikan cara menangkar Ciblek di sangkar harian dan berhasil mendapatkan hasil yang baik. Jadi, jika Anda ingin menangkar burung yang satu ini, tapi tidak memiliki lahan yang cukup, cobalah gunakan metode menangkar burung yang satu ini.