Cara Cepat Membuat Ciblek Buka Paruh dan Ngeroll

Advertisement
Advertisement
Memiliki Ciblek yang sering buka paruh dan ngeroll mungkin sudah menjadi impian tersendiri bagi pemilik burung. Dengan kualitas seperti ini, bisa dipastikan kalau burung tersebut sudah memiliki skill dan performa yang mumpuni. Sehingga sudah bisa diikut sertakan pada ajang kontes atau latber lokal. Dan untuk proses pelatihannya pun terbilang mudah, karena burung seperti umumnya akan mudah mengerti dan menangkap semua hal yang kita ajarkan.

Tapi, tidak semua burung memiliki skill demikian. Ada beberapa yang mungkin sudah expert. Tapi, ada juga burung yang perlu latihan ekstra untuk mencapai skill seperti di atas. Sebenarnya ada beberapa trik dan tips yang bisa digunakan untuk melatih burung agar memiliki skill tersebut. Untuk lebih jalasnya, di bawah ini adalah uraian mengenai tips dan trik yang dimaksud.

ciblek buka paruh, ciblek ngeroll

Cara Cepat Membuat Ciblek Agar Buka Paruh dan Ngeroll
Di bawah ini adalah rangkaian cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan performa burung sehingga burung pun akan buka paruh dan ngeroll:

1. Hentikan pemberian voer
Kendati asupan pakan utamanya dihentikan, namun pemberian EF harus tetap jalan, khususnya ulat kandang. Jenis pakan ini akan mendobrak performa burung, sehingga burung akan bertenaga, buka paruh, dan ngeroll. Pemberian ulat kandang bisa dilakukan selama seminggu penuh. Dengan banyaknya pakan yang diberikan ialah ½ cepuk tiap pagi dan sore.

2. Berikan susu full cream
Susu full cream atau susu kental manis akan membuat performa burung jadi gahar di arena. Pemberian susu kental manis bisa diberikan sebanyak ½ cepuk tiap siang hari.

3. Maksimalkan penjemuran
Cara membuat Ciblek buka paruh dan ngeroll ini terbilang berbeda dan cenderung menantang. Ya, melakukan penjemuran selama 5 jam adalah hal yang harus Anda lakukan untuk membuat burung ini mau buka paruh dan ngeroll. Kendati cukup menantang, asalkan dilakukan dedngan anjuran yang benar, cara ini pun tidak akan meninmbulkan masalah untuk burung itu sendiri.

4. Atur volume suara masteran
Volume suara masteran sangatlah menetukan volume kicauan dari burung. Untuk itu, agar burung memiliki suara kicauan yang keras, sekaligus agar burung buka paruh dan ngeroll, aturlah volume masteran dengan volume tertinggi. Dengan catatan. Volume tersebut tidak mengganggu burung dan tidak akan membuatnya stres. Jadi, aturlah volume dengan suara keras dan ideal.

Itulah beberapa cara cepat membuat Burung Ciblek buka paruh dan ngeroll. Cara-cara di atas bisa Anda terapkan pada burung kesayangan Anda. Tapi dengan catatan. Perawatan harian dan pemberian pakan burung haruslah tetap dilakukan agar kesehatan burung tetap terjaga.