Cara Membedakan Kepodang Jantan dan Betina Dengan Mudah

Advertisement
Advertisement
Burung kepodang termasuk burung kicau yang sejak dulu kala sudah dikenal masyarakat Indonesia. Karena kelebihan dari keindahan postur fisik, keindahan warna, dan keindahan suara kicauannya. Hal ini membuat kicau mania tak meninggalkan kepodang, karena kepodang adalah burung kicau yang patut untuk dijaga kelestariannya di negeri ini.

Burung kepodang sangat menyukai tinggal berada di daerah hutan, dan biasanya ditemui di pucuk pohon yang tinggi sambil berkicau merdu. Plengkingan suaranya sangat bagus untuk dicoba dimasterkan pada burung kicau yang anda pelihara di rumah (baca: suara kepodang emas). Selain itu, dengan memperdengarkan suara kicau kepodang betina, maka membuat kepodang jantan semakin bergairah untuk berbunyi.

kepodang jantan dan betina

Mmemelihara burung kepodang tidak semata-mata kita menyukai keindahan fisik dan suaranya saja, tetapi juga kita harus paham yakni dengan memelihara kepodang maka secara otomatis kita sudah turut berusaha melestarikan kepodang agar tetap awet atau tidak punah.

Mungkin sobat kicau mania tertarik untuk menangkar burung kepodang, nah buat sobat yang masih terbilang pemula, maka tentu hal yang tergolong pertama untuk diketahui adalah membedakan kepodang jantan dengan betina. Bagaimanakah cara membedakannya? Sebeleumnya sudah kami bahas cukup rinci mengenai ciri kepodang jantan, dan kali ini kami bedakan keduanya baik jantan dan betina.

Cara Membedakan Kepodang Jantan dan Betina
Pada umumnya, ada bagian-bagian tertentu pada tubuh kepodang untuk mengenali ciri-ciri kepodang jantan dan betina. Adapun cara membedakannya bisa anda simak informasinya berikut ini:

1. Postur
Sebenarnya posturnya cukup relatof, namun biasanya untuk kepodang jantan kepalanya lebih besar, sedangkan kepodang betina relatif lebih kecil.

2. Topeng
Kepodang jantan dan betina masing-masing memiliki topeng warna hitam di atas kepala hingga mengelilingi matanya. Namun, topeng kepodang jantan lebih tips kebelanganya, sedangkan topeng hitam pada kepodang betina lebih luas atau lebar.

3. Pangkal Ekor
Terdapat pangkal ekor, pinggir atau tepi ekor kepodang jantan dengan warna kuning cerah dan jelas, sedangkan warna kuning pada pangkal ekor kepodang betina terlihat pudar.

4. Suara
Kepodang jantan jelas lebih senang gacor, serta volume suaranya lebih keras dan lantang, sedangkan betina terlihat pasif dan monoton, bunyi kadang-kadang.

Bagaimana? sekarang sudah tahu kan cara membedakan kepodang jantan dan betina? semoga pembahasan mengenai perbedaan tersebut bisa mencerahkan sobat yang masih bingung akan hal ini, jika ada salah kata dari kami, kami mohon maaf. Yang pasti apa yang kami sajikan akan informasi kepada sobat semua adalah didasarkan pada sumber-sumber atau media yang terpercaya.