Beberapa Ramuan Jahe Agar Ciblek Rajin Bunyi dengan Suara Kristal

Advertisement
Advertisement
Memberikan beberapa ramuan jahe agar Ciblek rajin bunyi dengan suara kristal adalah satu dari beberapa perawatan khusus yang dilakukan untuk burung. Cara ini memiliki fungsi untuk menjernihkan dan mempercantik suara burung. Disamping sebagai bahan ramuan, jahe juga sering diberikan saat musim hujan untuk menghangatkan tubuh burung.

Pemberian jahe sendiri bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Ada yang dilakukan dengan ramuan, pakan Ulat Hongkong, atau pun cara-cara lainnya. Namun tujuan dari cara-cara tersebut adalah sama, yaitu untuk membuat burung menjadi rajin bunyi dengan suara kristal.

ciblek rajin bunyi

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa ramuan dan cara yang bisa diterapkan untuk membuat burung rajin bunyi dengan suara kristal:

1. Air jahe
Memberikan ramuan air jahe agar Ciblek rajin bunyi dengan suara kristal ini adalah salah satu cara yang paling umum digunakan. Cara ini dinilai efektif membuat burung menjadi lebih cepat bunyi dengan suara kristal. Pemberian pakan ini pun terbilang mudah, yaitu cukup dengan memberikannya saja sebagai air minum burung.

Adapun cara membuat ramuan ini sendiri adalah:
1.1. Rebuslah jahe dalam air mendidih.
1.2. Setelah itu, masukan 2 sendok makan madu dan perasan 2 buah jeruk nipis segar ke dalam ramuan.
1.3. Selanjutnya aduk hingga semua bahan tercampur merata.
1.4. Setelah 20 menit, angkat ramuan dan saring dengan saringan.
1.5. Kemudian didinginkan selama 30 menit.
1.6. Ramuan air jahe pun siap diberikan pada burung.

2. Pakan jahe
Membuat ramuan jahe agar Ciblek rajin bunyi dengan suara kristal itu tidak hanya dilakukan dengan ramuan air jahe saja. Pakan jahe misalnya. Memberikan pakan berupa jahe pada burung sangat dianjurkan untuk meningkatkan intensitas dan kualitas kicauan.

Adapun untuk metode pemberiannya sendiri adalah berikut:
2.1. Siapkan beberapa jahe yang sudah dikupas kulitnya.
2.2. Setelah itu, potong menjadi 20 bagian atau seukuran Voer.
2.3. Jika sudah, masukan jahe-jahe tersebut ke wadah pakan burung, berikan setiap pagi dan sore hari.

3. Ramuan jahe untuk ulat hongkong
Memberikan ramuan jahe agar Ciblek rajin bunyi ini adalah alternatif terbaik jika burung Anda tidak suka dengan bau jahe yang menyengat. Dengan memberikannya jahe sebagai makanan ulat, niscaya burung Anda tetap bisa menikmati khasiat jahe tanpa perlu memakannya.

Sedangkan untuk caranya sendiri, ini dia ulasannya:
3.1. Pisahkanlah jahe dari kulitnya.
3.2. Setelah itu, berikan jahe tersebut pada ulat hongkong yang akan dijadikan pakan burung.
3.3. Biarkan ulan memakan jahe-jahe tersebut sampai habis.
3.4. Jika sudah selesai, tunggulah 15 menit, kamudian berikan ulat tadi ke burung untuk dimakan.

Itulah tadi 3 ramuan jahe yang paling umum digunakan untuk burung. Ketiganya memiliki keunggulan dan kelebihannya masing-masing, tergantung Anda yang menggunakannya. Tapi ingat, memberikan jenis  jahe agar Ciblek rajin bunyi juga harus dilakukan dengan rutin dan teratur agar suara burung jadi bening dan bersih seperti kristal.