Tips Perawatan Ciblek yang Susah Ngalas dan Ngeroll

Advertisement
Advertisement
Marawat Ciblek yang susah ngalas ngeroll terkadang jadi hal yang paling sulit dari semua perawatan yang ada. Kendati banyak orang yang bilang kalau perawatan ini mudah. Namun jika tidak tahu cara dan triknya, orang tersebut juga akan kesulitan melakukan perawatan yang satu ini. Maka dari itu, penerapan dari trik dan cara perawatan inilah yang perlu dilakukan.

ciblek ngalas dan ngeroll, ciblek ngalas, ciblek ngeroll

Untuk membantu Anda dalam merawat dan melatih burung dengan kondisi ini memang ada cara yang digunakan. Cara ini pun terbilang cukup mudah, jadi siapa pun yang melakukannya, trik dan cara ini pastilah dapat diterapkan dengan baik. Yang terpenting, untuk mendapatkan hasil yang baik, pemilik haruslah menerapkan cara ini sesuai dengan anjuran yang diberikan.

Cara Perawatan Ciblek yang Susah Ngalas Ngeroll
Untuk mengatasi burung yang susah ngalas atau ngeroll, berikut adalah tips dan cara yang bisa diterapkan:

1. Perhatikan pakan yang Ia sukai
Burung tidak jauh berbeda denga manusia. Sebagai makhluk hidup, Ia pun memiliki hasrat untuk memilih makanan mana yang Ia suka. Makanan di sini ialah pakan tambahan atau yang biasa dikenal dengan extra food (EF)/makanan ekstra. Untuk itu, penyesuaian pakan dengan minat burung sangatlah perlu dilakukan.

Jika burung Anda adalah penyuka ulat kandang, maka berikanlah EF tersebut setiap pagi dan sore. Bila burung tergolong penyuka kroto, maka berikanlah kroto setiap pagi dan sore. Begitu pun dengan jenis EF lainnya.

2. Lakukan pengembunan
Tips perawatan Ciblek yang susah ngalas dan ngeroll ini bisa dilakukan setiap pagi, lebih tepatnya saat matahari belum terbit sampai jam 7 pagi. Dengan melakukan cara ini, kualitas suara burung akan jadi lebih baik, performa akan lebih mantab, dan burung pun akan rajin ngalas atau ngeroll. Untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya lakukan tips ini tanpa mengerodong sangkarnya.

3. Jemur burung bersama kawanannya
Menjemur burung bersama kawanannya akan membuatnya lebih terangsang untuk ngalas dan ngeroll. Namun, untuk memaksimalkan tips ini. Pastikan kawanan burung yang digunakan di sini ialah burung-burung yang sudah gacor dan bisa ngeroll. Dengan begitu, burung yang susah ngeroll tadi akan mudah terangsang untuk ngeroll.

3 tips merawat Ciblek yang susah ngalas ngeroll di atas ialah tips dan cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat burung Anda jadi rajin ngeroll. Tapi, cara ini juga harus diimbangi dengan perawatan dan pemberian pakan yang berkualitas agar kesehatan dan performa burung tetap terjaga.