Tips Membuat Pleci Mengeluarkan Suara Isian

Advertisement
Advertisement
Siapa yang tidak kenal dengan Pleci? Burung dengan ciri khas kacamatanya ini memang dipercaya cerdas dan mampu menirukan suara masterannya. Dengan alasan seperti ini, banyak sekali pemiliki Pleci yang memang sengaja melakukan pemasteran secara intensif. Tujuannya Cuma satu, yaitu untuk membuat Pleci mengeluarkan suara isian terbaik, yang tidak lain adalah tiruan dari suara masteran burung tersebut.

Akan tetapi, pada kenyataannya banyak sekali masalah yang harus dihadapi untuk membuat burung ini mau mengeluarkan suara isiannya. Tapi terlepas dari itu semua, Pleci sendiri adalah burung yang pintar. Dengan kata lain, apabila Ia dilatih dan dirawat dengan baik, masalah-masalah tersebut pasti dapat teratasi dengan mudah.

suara pleci

Tips Mengatasi Pleci yang Jarang Mengeluarkan Suara Isian
Perlu Anda ketahui, saat seekor Pleci enggan untuk bersuara, apalagi mengeluarkan suara isianya. Bukan berarti Pleci tersebut tidak bisa atau pun tidak mampu. Hanya saja, untuk melakukan hal tersebut seekor Pleci haruslah berlatih dan mengasah kemampuan tersebut. Maka dari itu, sebagai pemilik, Anda diwajibkan merawat dan melatih burung ini dengan baik dan benar.

Adapun jika seekor Pleci enggan berkicau atau pun mengeluarkan suara isiannya, itu berarti Ia memang kurang latihan dan kurang mengasah kemampuannya. Sedangkan untuk mengatasi hal seperti ini, Anda perlu melakukan beberapa tips di bawah ini.

Berikut adalah tips membuat Pleci mengeluarkan suara isian:

1. Lakukan pemasteran secara rutin
Untuk membuat seekor Pleci berkicau dan mengeluarkan isiannya, Ia haruslah sering-sering berlatih menggunakan masteran. Setidaknya, untuk mendapatkan burung yang rajin mengeluarkan suara isian, burung haruslah berlatih setidaknya sehari sekali. Sedangkan untuk menambah variasi isian, Anda bisa ganti suara masteran setiap satu minggu sekali.

2. Gantang bersama Pleci yang lain
Cara seperti ini berguna untuk memancing minat Pleci untuk berkicau. Pasalnya, diantara teman-temannya, Ia akan menampilkan penampilan yang memukau. Apalagi jika diantara Pleci-Pleci tersebut ada yang berjinis kelamin betina, pasti semua Pleci pejantan akan mengeluarkan isian terbaiknya untuk menarik perhatian betina.

3. Lakukan pengumbaran
Pengumburan sendiri berguna untuk melatih nafas Pleci. Tapi disamping itu, cara ini pun berguna untuk melatih Pleci agar mau mengeluarkan suara isianya. Adapun cara penerapan metode ini sendri, Anda cukup meletakan burung ini pada kandang dengan ukuran yang besar. Untuk mendapatkan hasil yang bagus, Anda bisa barengi metode ini dengan penjemuran burung pada jam 9 sampai 11 siang.

Tips membuat burung Pleci mengeluakan suara isian di atas bisa Anda gunakan. Pasalnya, selain ampuh, tips-tips di  atas pun banyak digunakan oleh mayoritas Plecimania di Indonesia. Tapi ingat, disamping melakukan tips-tips di atas, Anda juga harus tetap memperhatikan pola perawatan harian. Anda tentu tidak mau bukan memiliki burung yang sakit? Maka dari itu, latih dan rawatlah Pleci dengan baik dan benar.