Telur Pleci Tidak Menetas? Cara Mengatasinya

Advertisement
Advertisement
Saat beternak, sering sekai Kita temui telur Pleci tidak menetas. Dan saking seringnya, terkadang hal tersebut sudah menjadi kebiasaan tersendiri. Tapi tahukah Anda, jika persentase penetasan telur sangat kecil itu berarti keberhasilan budidaya atau penangkaran sangatlah jauh dari harapan.

Pasalnya, keberhasilan dalam beternak itu ada 2 hal, yaitu hewan yang diternak ini tumbuh sehat. Dan yang kedua, binatang ternak ini haruslah bisa berkembang biak dan menghasilkan keturunan. Jadi, jika telur burung Anda tidak bisa menetas, itu berarti budidaya Anda sangat jauh dari kata berhasil.

telur burung pleci, telur burung, telur pleci

Penyebab Telur Pleci Tidak Menetas
Pada dasarnya, cara mengatasi telur Pleci tidak menetas ini sulit dilakukan. Akan tetapi, cara untuk mencegah hal ini terjadi sangatlah mudah. Tapi ingat, cara ini pun tidak menjamin telur tersebut bisa menetas dengan baik. Pasalnya, keberhasilan penetasan telur sendiri dipengaruhi oleh beberapa hal.

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang membuat telur burung gagal menetas:

1. Telur tidak dibuahi
Hal ini umumnya terjadi jika perkawinan antar indukan tidak berlangsung baik. Saat perkawinan tersebut selesai, indukan betina bisa saja mengeluarkan telur. Hanya saja, karena tidak tersebut tidak terbuahi, maka telur ini tidak mungkin bisa menetas.

2. Tidak dierami dengan baik
Penyebab ini umumnya terjadi karena sang indukan malas mengerami tekur-telurnya. Dan jika hal ini benar-benar dilakukan, alhasil embrio dalam telur pun tidak akan berkembang dengan baik. Dan ujung-ujungnya telur ini pun tidak akan menetas.

3. Nutrisi
Penyebab telur Pleci tidak menetas lainnya adalah karena asupan nutrisi yang kurang untuk indukan. Hal ini umumnya terjadi pada pemilik yang acuh tak acuh dengan burung peliharaanya. Ingat, kunci sukses budidaya adalah perawatan yang intensif dan konsisten.

4. Serangan bakteri
Serangan bakteri pada dasarnya akan menyerang telur. Ia akan mengurangi tingkat produktifitas telur, mengganggu kesehatan telur, dan menghambat perkembangan embrio di dalamnya. Dengan kata lain, jika bakteri ini menyerang, telur ini pun akan mustahil menetas. Bakteri ini sendiri umumnya ada pada sarang yang kotor, tidak terawat, dan jauh dari kata layak.

Cara Mencegah Telur Pleci yang Gagal Menetas
Cara mencegah telur Pleci yang gagal menetas jauh lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan cara mengatasinya. Lalu, seperti apa cara pencegahan yang dimaksud?

Nah, berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah masalah ini:

1. Berikan asupan pakan yang bergizi saat musim kawin burung.
2. Hindari pengecekan kondisi telur secara berlebihan, karena hal tersebut hanya akan membuat indukan menjadi stres dan terganggu.
3. Jagalah kebersihan kandang untuk menghindari resiko pertumbuhan bakteri yang bebahaya untuk perkembangan telur.

Bagaimana? Mudah bukan? selain mudah, cara-cara di atas juga sudah terbukti menekan jumlah telur Pleci yang tidak bisa menetas. Maka dari itu, untuk menghindarkan telur burung Pleci tidak menetas, Anda bisa menggunakan cara-cara seperti di atas. Tapi untuk hasil yang lebih bagus, Anda bisa berikan asupan multivitamin pada indukan burung, baik dalam masa kawin atau pun pengeraman.